id Indonesian

Prediksi Tahun 2030

Pusat penulisan (writing center) bukan subjek yang asing di dunia pendidikan global. Pusat ini disiapkan untuk membantu keberhasilan siswa dalam penulisan akademik (academic writing). Pusat-pusat penulisan didirikan secara formal di pendidikan tinggi global sejak 1980-an.

Penulisan akademik menjadi perhatian utama sejalan dengan perkembangan dari pendidikan pengajaran ke pendidikan penelitian. Siswa ditransfer pengetahuan dalam pendidikan pengajaran. Berbeda dengan pendidikan pengajaran, siswa mengakses informasi untuk dikelola menjadi pengetahuan ilmiah dalam pendidikan penelitian. Untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dalam pendidikan penelitian dibutuhkan kemampuan penulisan akademik.

Pusat bantuan penulisan memiliki peran strategis dalam pendidikan penelitian. Siswa dilatih mengakses temuan-temuan baru di bidang keilmuan dari repositori terpercaya. Dilatih memberikan ulasan terhadap hasil-hasil penelitian. Pusat bantuan penulisan berperan strategis dalam melatih siswa untuk menghasilkan penulisan akademik dengan kebaruan dan originalitas.

Pendidikan tinggi global berpacu menyiapkan pusat penulisan profesional. Disiapkan manual terstandar untuk panduan latihan peserta. Pusat penulisan menempatkan tutor ahli. Siswa memiliki jadwal pertemuan untuk pelatihan menulis di pusat penulisan. Terhadap hasil latihan dilakukan umpan balik untuk memastikan peningkatan kualitas sejak awal hingga akhir penulisan.

Membentuk pusat penulisan menarik dipertimbangkan di pendidikan tinggi Indonesia. Diakui informasi sangat melimpah mudah diakses di repositori bereputasi. Penguatan skill mengelola informasi menjadi pengetahuan ilmiah telah cukup massif diupayakan di Indonesia. Ini berarti pertimbangan dalam pengembangan dari pendidikan pengajaran ke pendidikan penelitian tengah berlangsung di Indonesia.

Terbentuknya pusat-pusat penulisan di pendidikan tinggi Indonesia diprediksi akan menjadi kenyataan pada 2030. Ini sejalan dengan menguatnya arus pendidikan penelitian.

Bandung, 07 Agustus 2020
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x