id Indonesian

PAMHU Dideklarasikan pada Perhelatan Fordakom 2022

(UINSGD.AC.ID)-Dalam perhelatan Forum Dekanat Dakwah dan Komunikasi (FORDAKOM) dilakukan Deklarasi dan Musyawarah Nasional Perkumpulan Ahli Manajemen Haji dan Umrah (PAMHU) Tahun 2022 di Arthama Hotel Kota Makasar Sulawesi Selatan, Jumat, (17/06/2022).

Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh tiga perwakilan Program Studi Manajemen Haji dan Umrah, yaitu Dr. Andi Abdul Hamzah, Dr. Hj. Nasriah, M.Si (UIN Alauddin Makassar), Dr. Hasyim Hasanah, M.Si. (UIN Walisongo Semarang), Prof. Dr. KH. Dindin Solahudin, MA Dr. H. Asep Iwan Setiawan, S.Sos.I., M.Ag, Dr. H. Rohmanur Aziz, S.Sos.I., M.Ag Dr. KH.Q. Abdul Mujib, M.Ag (UIN SGD Bandung), dihadiir pula secara online oleh Abdul Sattar, M.Ag (Kaprodi MHU UIN Walisongo Makassar).

Acara tersebut diinisiasi oleh Ketua dan Sekretaris Prodi MHU UIN SGD Bandung. “Pentingnya sebuah organisasi yang menghimpun para akademisi manajemen haji dan umrah sebagai upaya bersinergi membangun visi misi akademis dan menjawab kebutuhan praktis,” ungkap H. Asep Iwan.

Munas menjadi kekuasan tertinggi organisasi Perkumpulan Ahli Manajemen Haji dan Umrah dalam skala nasional.

PAMHU dalam hal ini adalah nama organisasi yang dibentuk kemudian disepakati bersama dalam Munas tersebut sebagai organisasi yang diharapkan menjadi media tumbuh kembangnya para ahli manjemen haji dan umrah di Indonesia.

“Adalah menjadi tugas kita mendesain bagaimana proses penyelenggaraan ibadah haji kedepan disesuaikan dengan perkembangan dan kondisi zaman, menghadapi berbagai masalah dan tantangan dengan tetap berprinsip pada nilai-nilai syariat kita,” ungkap Rohmanur Aziz, yang akrab dipanggil Ronaz.

Adapun PAMHU ini menghimpun beberapa prodi Manajemen Haji dan Umrah di Indonesia yaitu Prodi MHU UIN SGD Bandung, UIN Walisongo Semarang dan UIN Alauddin Makassar, yang semuanya berada di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Hal ini senada dengan tema Munas tersebut yaitu “Menguatkan Komitmen Dakwah untuk Membina Sumber Daya Manusia yang Professional dalam Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah”.

Munas tersebut terlaksana dengan lancar diisi dengan curah gagasan, musyawarah, dan diakhiri dengan deklarasi PAMHU disaksikan oleh hadirin secara hybrid dibacakan oleh Ketua PAMHU terpilih yaitu Prof.Dr. KH. Dindin Solahudin, MA., diiringi doa dipimpin oleh Dr. Andi Abdul Hamzah.

“Dengan terbentuknya PAMHU maka semakin menguatkan eksistensi prodi MHU dalam upayanya menguatkan dakwah dalam penyelenggaraan haji dan umrah agar dapat mewujudkan kesolehan sosial melalui konsep mabrur“ ungkap Prof. Dindin.


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x