id Indonesian

“Mazhab” Baru Perkuat Segitiga Emas FSH

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung memperbarui panduan penyusunan skripsi mahasiswa, agar lebih tepat dan akurat dengan bidang-bidang keilmuan yang tercakup dalam “segitiga emas” FSH yakni keilmuan Syariah, Hukum , dan Ekonomi (SHE).

“Sudah lima tahun panduan skripsi FSH belum di-update. Perlu ada penyesuaian, penyelarasan, dan penyempurnaan panduan skripsi, agar para pemimbing skripsi (dosen) punya pedoman dan mahasiswa pun tidak dibingungkan,” ujar Dekan FSH UIN SGD Prof Dr H Oyo Sunaryo Mukhlas, M.Si saat membuka Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Revitalisasi Panduan Penyususnan Skripsi di Aula FSH Bandung, Kamis (27/11/2014).

Para pembimbing terkadang menghadapi persoalan, di antaranya soal terminologi, apakah istilah yang digunakan itu “panduan” atau “pedoman”,  apakah kualitatif  dan kuantitatif itu sebuah pendekatan atau metodologi? “Dan banyak lagi terminologi yang harus disepakati bersama sehingga FSH punya mazhab khusus dalam penulisan skripsi ini,” kata Dekan.

Wakil Dekan I FSH UIN SGD Dr A Hasan Ridwan, M.Ag  menjelaskan,  semiloka ini diikuti oleh 120 dosen dari tujuh jurusan yang ada di FSH. Seminar membahas tema Penerapan Kualitatif dan Kuantitatif pada Penulisan Skripsi Hukum Islam dipandu oleh narasumber Dr Deden Effendi, M.Ag (Kepala Pusat Penelitian pada Lembaga Penelitian dan Pengadian Masyarakat UIN Bandung) dan Drs Budi Gunawan, Ph.D (dosen Unpad), sedangkan tema Penerapan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif pada Penulisan Skripsi Ekonomi Syariah dipandu oleh Dr H Budi Jatmiko, MM, M.Ag, M.Si (dosen UI, ITB, Unpad).

Adapun lokakarya membahas soal Format Panduan Penulisan Skripsi oleh para dosen FSH,  dibagi empat komisi: Komisi I dipandu oleh Aliyudin M.Ag membahas Format Usulan Penelitian Mahasiswa; Komisi  II dipandu Sofyan Al Hakim membahas Format Penulisan Skripsi; Komisi III dipandu Dr Deni Kamaludin  Yusup , M.Ag membahas Teknik Penulisan Skripsi; dan Komisi IV dipandu oleh Iman Hilman F, M.Ag membahas tentang Bimbingan Penulisan Skripsi.

“Hasil pembahasan oleh komisi-komisi, berupa arahan dan masukan, tersebut akan dipadukan, yang selanjutnya akan dijadikan sebagai panduan untuk penyusunan skripsi yang akan diterapkan di FSH,” jelas Dr Hasan. (Nank)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x