id Indonesian

Mahasiswa Jurnalistik Kunjungi Komnas HAM

[www.uinsgd.ac.id] Mahasiswa Jurnalistik UIN SGD Bandung melakukan kunjungan ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2015). Menurut dosen pengampu Sistem Politik Indonesia, Indira Sabet Rahmawaty, kunjungan ini diadakan untuk melengkapi materi perkuliahan dan agar menambah pengalaman. ”Memberikan pengalaman lapangan kepada mahasisaa bertemu dengan para pihak yang mengurus lembaga negara secara langsung, dari sumber langsung,” ujarnya.

Komnas HAM dipilih karena lembaga negara ini yang mengatur hak asasi manusia secara khusus. “Komnas HAM sesuai dengan (materi, Red-) Sistem Politik Indonesia, secara teknis lapangan, yang paling tepat ya Komnas HAM,” tambahnya

Dalam kesempatan ini, mahasiswa berkesempatan mendengarkan pemaparan dari berbagai praktisi dan pakar Komnas HAM, diantaranya dari Ketua Komnas HAM, Nur Kholis dan jajarannya. Kunjungan ini pun disambut baik oleh pihak Komnas HAM, “Kami sangat mengapresiasi kunjungan ini,” ujar staf Humas Komnas HAM, Herizal di kantornya, Rabu (15/4/2015).

Herizal mengungkapkan dengan adanya kunjungan ini telah membantu meringankan program kerja penyuluhan Komnas HAM, “Dengan kunjungan seperti ini otomatis salah satu program penyuluhan Komnas HAM sudah terealisasi,” ujarnya pada Suaka.

Ia pun berharap setiap mahasiswa yang telah berkunjung akan menjadi jejaring-jejaring Komnas HAM untuk mensosialisasikan HAM, baik di lingkungan kampus atau pun di lingkungan tempat tinggal.

“Diharapkan setelah kunjungan pertama ini tidak putus, kami berharap ada interaksi berikutnya yang akan dilakukan temen temen UIN, dan kami berharap temen-temen akan menjadi jejaring-jejaring kami di lapangan untuk melakukan penyuluhan ini,” tutup Herizal. [Ridwan Alawi, Robby Darmawan/Suaka]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x