id Indonesian

Islam Bukan Agama Radikal

[www.uinsgd.ac.id] UIN SGD Bandung bekerjasama dengan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) menggelar Seminar Internasional bertajuk “Moderasi Islam; Upaya Menangkal Radikalisme Agama’ dengan menghadirkan narasumber: Prof. Dr. Abdullah Alaidrus (Guru Besar Universitas Ahqaf Yaman), Prof. Dr. Fahmi bin Abidun (Guru Besar Universitas Darul Musthafa Yaman) yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor (WR) III, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT. di Aula Baru, Rabu (1/10). 

Dalam sambutannya WR III menjelaskan Islam itu sangat moderat dan selalu mengikuti perubahan zaman. Bagi saya tema ini lebih menekankan pada moderasi masyarakat muslim karena Islam itu sudah moderat. Kalau pun mau tetap memakai istilah moderasi Islam, bukan pada ajaranya, tetapi pada perilaku muslimnya untuk menangkal radikalisme agama ini,’ paparnya.    

“Untuk itu, kami pihak UIN SGD Bandung sangat menyambut dan memberikan apresiasi atas kegiatan ini untuk menciptakan deradikalisasi agama yang harus diawali dari kampus,’ sambungnya.  

Bagi Dr. Hj. Andi Intan, M.H.I, Kasubdit Deradikalisasi BNPT menuturkan program ini merupakan kegiatan nasional yang harus dimulai dari bulan Juli dan secara serentak dilakukan di berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. “Usaha ini ini dilakukan untuk menangkal radikalisme dan terorisme di Indonesia yang salah satu sumbernya dari penafsiran Jihad yang salah dengan cara membunuh,” terangnya.  

Berkenaan dengan adanya hari kesaktian pancasila, 1 Oktober 2014, “Mudah-mudahan dengan dengan adanya hari kesaktian pancasila ini menjadi momentum yang tepat untuk menangkal gerakan radikalisme di Indonesia dengan bersumber pada pancasila sebagai bingkai dan harga mati keutuhan NKRI,” tegasnya.

“Oleh karena itu, PT harus mencetak ulama-ulama di bidang masing-masing yang ikut serta dalam membangun peradaban bangsa yang lebih baik,” ujarnya.       

Menurut Ketua Pusat Kerjasama, Dr. Phil. Gustiana Isya Marjani acara ini diikuti oleh 400 peserta dari mahasiswa dan dosen yang mengikuti seminar internasional bertema “Moderasi Islam: Upaya Menangkal Radikalisme Agama” yang diselenggara oleh BNPT bekerjasama UIN SGD Bandung. “Acara seminar digelar dengan tujuan mendekonstruksi stigma bahwa islam bukanlah agama radikal,” pungkasnya. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x