id Indonesian

Hadapi MEA, MKS Gelar Debat Ekonomi

[www.uinsgd.ac.id] Manajemen Keuangan Syariah (MKS) gelar debat ekonomi untuk hadapi Masyarakat Ekonomi Asia  (MEA) 2015, Kamis (19/3/2015). Debat yang merupakan salah satu rangkaian acara perayaan milad MKS ini dilaksanakan di Aula Fakultas Syariah dan Hukum.

Debat yang melibatkan 9 tim yang terdiri  dari 3 orang ini memiliki 16 judul  yang diperdebatkan. Judul-judul tersebut berkaitan dengan ekonomi syariah. Misalnya ekonomi perbankan,  ekonomi kerakyatan dan ekonomi global. “ Kita milih judul-judul yang berkaitan dengan jurusan kita, semuanya seputar ekonomi syariah,” ujar panitia debat, Suryana.

Acara tersebut terdiri dari 3 sesi, yakni opening statement, sesi debat , dan closing statement. Menurut Dodi Supriatno debat dapat mengasah logika berfikir, merangsang pengetahuan, dan dan belajar memberanikan diri menyampaikan pendapat di depan umum.

“Kegiatan ini harus dikembangkan karena memberikan dampak positif bagi para mahasiswa dalam menanggapi suatu permasalahan.” ujar dosen MKS dan Muamalah itu. Ia juga menyarankan kegiatan tersebut dilakukan secara berkala.

“Untuk penilaian kita melihat kemandirian peserta untuk mempertahankan argumen atau pemikirannya, ke dua metode atau etika yang digunakan dalam penyampaian materi, ketiga korelasi atara tema dengan yang di sampaiakan, sepeti penguasaan materi,” tambah Dodi.

Namun peria berkacamata tersebut menilai para peserta masih kurang menguasai materi, dan menyayangkan pihak panitia dalam pemilihan subtema yang dijadikan bahan perdebatan dirasa tidak sesuai dengan tema besarnya yaitu mengenai MEA.

Hal senada pun terlontar dari salah satu peserta debat, Rangga Mahardika yang merasa judul-judul yang diperdebatak tidak sejalur dengan tema utama. Rangga berharap pemilihan judul yang diperdebatkan dapat menciptakan solusi yang dapat diterapkan secara nyata sehingga debat ini tidah berakhir hanya diadu teori saja.

Acara yang berkahir pukul 15.15 WIB ini akhirnya mempertemukan mahasiswa MKS semester 6 kelas C dengan semster 4 kelas E di babak final. Untuk pemenang debat akan di umumkan hari senin (19/3/2015) mendatang.[Reina Nurjanah, Isthiqonita/Suaka]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x