id Indonesian

Gradasi, Ajang Kompetisi Mahasiswa Bertalenta

UINSGD.AC.ID- Gelanggang Kreasi Dunia Arab Berprestasi (Gradasi) menjadi ajang penggalian potensi dan talenta siswa dan mahasiswa. Dari Gradasi inilah akan lahir duta-duta berkemampuan bahasa Arab, yang mampu bersaing di level nasional dan internasional.

Demikian penegasan Wakil Dekan 3 FAH UIN SGD Bandung Dr H Ading Kusdiana, M.Ag saat membuka acara Gradasi yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung, di Aula FAH Jl Ah Nasution 105 Bandung, Jumat (09/04/2021).

Dr Ading menganggap Gradasi ini acara yang luar biasa, karena bisa melahirkan duta-duta mahasiswa, terutama mahasiswa  FAH, untuk mengikuti ajang perlombaan di tingkat nasional dan internasional. “Potensi dan talenta mereka luar biasa, dan sudah banyak jebolah Gradasi berkiprah bahkan diakui oleh dunia internasional,” ujar Dr Ading, mewakili Dekan FAH Dr H Setia Gumilar, M.Si.

Ia menyarankan kepada para pengurus HMJ untuk komunikasi lebih serius dengan ketua Jurusan BSA, tentang kontribusi jebolan-jebolan Gradasi, dalam meningkatkan Akreditasi jurusan. “Kami atas nama pimpinan menyambut baik kegiatan ini. Tapi, dalam masa pandemi Covid-19 ini, kita tetap harus memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Sekretaris Jurusan BSA H Mawardi, MA –mewakili Ketua Jurusan Dr H Asep Supianudin, M.Ag—berharap acara Gradasi ini diberi keberkahan. Betapa pentingnya bahasa Arab bagi seorang muslim, mengingat bahasa Arab selalu digunakan dalam dalam setiap beribadah. Dan, kefasihan berbahasa Arab bias menambah kekhusukan dalam beribadah.  

Dijelaskan juga,  mampu berbahasa Arab akan memudahkan dalam mendalami ata memahami Alquran dan hadis. “Karenanya, kami anggap, bahasa Arab itu bahasa Syurga. Dan, Gradasi ini memposisikan bahasa Arab menjadi indah. Kami doakan acara Gradasi ini mendapat keberkahan dari Allah SWT,” kata Mawardi.   

Baca Juga  Komunitas Politik

Seperti diketahui, perlombaan nasional ini diikuti oleh para peserta: siswa  (Sekolah/Pesantren tingkat SMA/MA) se-Provinsi Jawa Barat, DKI, dan Banten; mahasiswa se-Indonesia; dan masyarakat umum.  Acara berlangsung dari tanggal 9-13 April 2021, secara virtual zoom meeting. Jenis yang diperlombakan anatara lain: Debat – Qiratul Akhbar, Khitobah, MQK, Ghina Araby, Puiasi Arab, Kaligrafi, Taqdimul Qisha, Short Movie, Essay B Arab.

Dengan mengusung tema “Indah Bahasa sebagai Penyempurna Kehidupan Berbangsa”, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan HMJ itu sendiri, dan secara nasional akan lahir SDM yang inovatif, produktif, profesional dan berdaya saing tinggi.

“Dalam Gradasi ini ada beberapa kegiatan yang berkualitas dan mempunyai daya tarik yang sangat besar, antara lain: Perlombaan tingkat Nasional, Webinar Nasional, Senandung Cinta Gradasi,” jelas ketua panitia Gradasi Arifin Riguana, didampingi sekretaris Nopi Aresta.[nanang sungkawa]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x