id Indonesian

(UINSGD.AC.ID)-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati bandung menyelenggarakan workshop Panduan Penulisan Skripsi, Praktikum, Ujian Komprehensif dan Munaqasah dengan mengusung tema ‘Membangun Tradisi Akademik Berkelanjutan dalam Mewujudkan Daya Saing Institusi dan Kompetensi Lulusan yang Berkualitas’ di Shakti Hotel, Rabu (27/10/2021).

Acara yang diawali dengan laporan dari Dr. Deni Kamaludin Yusup, M.Ag selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik FEBI UIN Bandung ini menghadirkan seluruh stakeholder baik internal maupun eksternal FEBI UIN Bandung yakni para dosen tetap dan dosen luar biasa. Deni berharap bahwa dengan adanya workshop ini dapat menjadi starting point untuk membangun segenap standari di FEBI secara ideal.

Selanjutnya sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Dr. H. Dudang Gojali, M.Ag selaku Dekan FEBI UIN Bandung. ‘Kita tahu bahwa Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, melihat hal tersebut kita harus menyadari bahwa di perguruan tinggi dosen adalah sosok yang langsung berhadapan dengan mahasiswa, dan bonus demografi akan menjadi sia-sia jika perguruan tinggi tidak menyiapkan diri,’ ujar Dudang.

Ia juga menambahkan bahwa FEBI diminati banyak mahasiswa namun jika tidak dikawal dengan panduan yang sesuai tentu kualitasnya yang dihasilkan pun tidak akan ada yang bisa menjamin. ‘Hari ini kita tidak hanya butuh pembelajar tapi juga aktivis yakni mahasiswa yang bergerak demi masa depan. Saya pesankan kepada para dosen untuk bisa menuangkan spirit agar dapat membakar semangat mahasiswa untuk menjadi penggerak,’ tutup Dudang.

Workshop yang dipandu oleh Ketua Program Studi Ekonomi Syariah Muhammad Hasanuddin, M.Ag ini dlaksanakan dalam rangka mewadahi masukan-masukan terkait panduan akademik fakultas dari para dosen guna menyempurnakan panduan yang sudah ada sebelumnya. ‘Semua stakeholders dilibatkan untuk menggodok ini agar tercapai output berupa panduan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan fakultas,’ tutur Hasan.

Baca Juga  Tingkatkan Kinerja Dosen Melalui Pembinaan ASN

Melalui acara ini, FEBI menunjukkan upayanya untuk mempertegas distingsi atau pembeda antara FEBI dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang konvensional atau non syariah, FEBI diharapkan dapat mencetak lulusan dengan kualitas terbaik dan memiliki khasan tersendiri.(NRA)

Artikel Terbaru

0
Tinggalkan Pesanx
()
x