id Indonesian

Fakultas Adab dan Humaniora Lepas 87 Calon Wisudawan

(UINSGD.AC.ID)- Lulusan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung dipastikan memiliki kemampuan akademik (kecerdasan akal), kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Ketiga kecerdasan itu adalah bekal bagi mereka sebagai sumber daya manusia yang akan mampu membangun diri dan masyarakat sekelilingnya, menjadi khoiru al-ummah.

Hal itu ditegaskan oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung, Dr H Setia Gumilar, M.Si, dalam Sidang Senat Terbuka Pelepasan Wisudawan ke-81, di Aula FAH secara virtual, Jumat (26/02/2021).  Para calon wisudawan ini secara resmi akan dilantik oleh Rektor UIN SGD Bandung Prof Dr H Mahmud, M.Si, besok Sabtu (27/02/2021).

Acara dihadiri oleh Wakil Dekan 2 Dr H Dedi Supriadi, M.Hum; Wakil Dekan 3 Dr H Ading Kusdiana, M.Ag;  Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Dr Dr H Asep Supianudin, M.Ag; Sekretaris Jurusan Sejarah Peradaban Islam Dr Widiati Isana, M.Ag; Koordinator Bidang Administrasi dan Ketatausahaan Hj Ati Rahmawati, M.Ag dan Sub Koordinator Anita Rantini, S.Th.I.    

Kecerdasan akal, lanjut Dekan, ditunjukkan dengan suksesnya menyelesaikan studi S1 selama 8 semester dengan meraih predikat IPK istimewa atau sangat memuaskan. “Menyelesaikan kuliah memang tidak mudah, perlu kecerdasan, perjuangan, dan keuletan. Dan, masih banyak angkatan lama belum bisa menyelesaikan studi,” katanya.

Kecerdasan emosional, menyangkut kepekaan para alumni ketika terjun di masyarakat. Selain mampu menyelesaikan berbagai persoalan di masyarakat, para alumni harus bersikap fleksibel dalam bergaul, menjalin silaturahmi, dan membangun jejaring yang luas. Adapun kecerdasan spiritual ditandai dengan sikap mobile (lincah), kreatif, dan inovatif. “Ketiga keserdasan ini menjadi modal bagi kalian semua dalam rangka meraih kesuksesan,” tegasnya.

Tetapi, jangan lupa, kunci kesuksesannya adalah bersyukur. “Selebihnya, kita kembalikan segala sesuatunya kepada Yang Mahakuasa Allah SWT, sebagai sikap tawakal kita kepada-Nya,” ujar Dekan, seraya mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas kesuksesan meraih gelar Sarjana di FAH.

“Kepada para orangtua, kami sudah menunaikan amanah yaitu mendidik putera-puteri bapak/ibu. Tetapi, mohon maaf atas segala kekurangan kami, bilamana hasilnya belum memuaskan. Kami pun butuh masukan dan ide-ide dari semuanya untuk bahan perbaikan penyelenggaran peididikan agar lebih baik lagi,” pinta Dekan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan 3 Dr H Ading Kusdiana menjelaskan, menurut data, yang mendaftar wisuda dari FAH sebanyak 87, terdiri dari alumni Jurusan Bahasa Sastra Arab 37, Sastra Inggris  29, dan Sejarah Peradaban Islam 21. Berdasarkan jenis kelamin, laki-laki 22 perempuan 55.  

Yudicium tertinggi diraih oleh Rafika Pratiwi (3.85) dari Jurusan Sejarah Peradaban Islam; M Asroruddin Thayyib (3.80) dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab; dan Shofi Fauziah Ramdhani (3.80) dari Jurusan Sastra Inggris.

“Kami turut bergembira dan mengapresiasi semuanya. Lanjutkan studi kalian ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi S2/S3. Sukses bagi kalian semua, jaga nama baik alamamater, Fakultas Adab dan Humaniora dan UIN SGD Bandung,” pungkas Dr Ading.[nanang sungkawa]  

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x