id Indonesian

Empat Universitas Asean Siap Sukseskan ICON IMAD V

[www.uinsgd.ac.id] Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung bekerjasama dengan tiga universitas di Asean yaitu Prince of Songkla University  Thailand, University of Malaya dan Sultan Sharif Ali al-Islamiyah University Brunei Darussalam  akan menggelar International Conference On Islam In Malaya World (ICON-IMAD) V yang bertajuk “Moderate Islam for Global Peace : An Experience in Southeast Asia/ Islam Moderat untuk Menciptakan Perdamaian Global: Pengalaman di Asia Tenggara” dengan Keynote Speaker Dr Surin Pitsuwan (Mantan Sekjend Asean) yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 September 2015 di Islamic College Prince of Songkla University Pattani-Thailand. 

Direktur Program Pascasarjana UIN Bandung Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si menjelaskan acara ICON-IMAD ini merupakan kegiatan tahunan antara Pascasarjana UIN SGD Bandung dengan University of Malaya. “Sejak tahun 2011, selalu diadakan kegiatan konfrensi tahunan tersebut. Untuk ICON-IMAD I dilaksanakan di Bandung. ICON-IMADII diselenggarakan di Malayasia pada tahun 2012, ICON-IMAD III di Bandung, dan ICON-IMAD IV di Malaysia pada tanggal 19-21 September 2014,” jelasnya saat ditemui tim media website UIN Bandung di ruang kerjanya, kemarin (1/7).

Menurut Dadang Kahmad, kegiatan ICON IMAD V rencananya akan dilaksanakan di Islamic College Prince of Songkla University Pattani-Thailand tanggal 12-14 September 2015. Dadang Kahmad pun berharap dengan adanya acara ICON-IMAD V tersebut dapat memperkaya kajian para dosen dan peneliti di lingkungan Asean. “Memberikan ruang kepada para peneliti untuk mempublikasikan hasil temuannya. Apalagi tema sekarang berkenaan dengan Islam moderat untuk menciptakan perdamaian global. Sudah empat universitas di Asean yang siap, bahkan akan masuk Filipina, Singapura dan Vietnam, jadi tahun 2016 di Brunei Darussalam nanti, akan masuk tujuh negara ,” jelasnya.

Islam moderat di Melayu, lanjut Dadang, harus ikut andil dalam menciptakan perdamaian dunia mengingat masih seringnya terjadi kekerasan atasnama agama.” Mudah-mudahan dengan adanya acara tersebut bisa memperluas wawasan keislaman yang moderat, mandiri, cerdas, anti peperangan dan anti teroris,” jelasnya.

Untuk dapat  mengikuti kegiatan ini, batas akhir penyerahan abstrak dan paper adalah 10 Agustus 2015 yang dikirim ke: iconimad5@gmail.com. Adapun syarat dari papernya adalah: 1. Topiknya harus relevan dengan tema besar di atas; 2. Belum pernah dipresentasikan dan dipublikasikan di jurnal atau konfrensi lainnya; 3. Jumlah penulisnya tidak lebih dari tiga orang; 4. Dapat ditulis dalam bahasa Arab, Inggris, Melayu, Indonesia dan Thailand; 5. Tidak lebih dari 20 halaman, Times New Roman, font 12; 6. Struktur papernya terdiri dari: a. Judul/Title b. Pengarang/Author c. Abstrak/Abstract d. Latarbelakang Masalah/ Background of Study e. Fokus Kajian/ Focus of Study f. Pembahasan/Discussion g. Simpulan dan Saran/ Conclusion and Suggestion h. Brief CV.

Informasi terkait detail kegiatan ini dapat ditanyakan langsung ke panitia di Program Pascasarjana UIN Bandung atau ke Dr Munir, MA (081395013697 atau Iu Rusliana, M.Si: 081313621359).  [Humas Al-Jamiah]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x