id Indonesian

Debat Mahasiswa FSH Bongkar Isu-isu Syariah

[www.uinsgd.ac.id] Untuk melatih kecakapan dan keterampilan membongkar isu-isu syariah, Senat Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (SM-FSH) UIN SGD Bandung menggelar Debat Hukum  antarmahasiswa di tujuh jurusan (program studi).  Setiap jurusan diwakili oleh tiga peserta dengan membawa tema Peran Serta Syariah dalam Pengembangan Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita bongkar isu-sisu seputar syariah, hukum, dan ekonomi.  Sejauhmana mahasiswa memberikan solusi atas permasalahan yang muncul? Ya kelihatan dalam debat itu,”  kata Ketua SM-FSH M Husni Rizal, didampingi sekretaris Romadhoni dan Ketua Bidang Pengembangan Intelektual  Ivada Hamzah di Aula Gedung Sudent Center UIN SGD Bandung, Senin (17/11/2014).

Menurut Husni, kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan intelektual mahasiswa dari setiap jurusan yang ada FSH, yakni Jurusan Peradilan Islam dan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyah),  Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah), Hukum Pidana Islam (HPI), Ilmu Hukum (IH), Manajemen Keuangan Syariah (MKS), Muamalah, Perbandingan Mazhab & Hukum (PMH).

“Setiap sesi dilakukan oleh dua pasang (jurusan), yang satu mempresentasikan makalahnya dan  yang satu pasang lagi mengujinya. Tapi temanya sama, membahas peran serta syariah dalam pengembangan konstitusi NKRI,” jelas Husni, seraya menjelaskan bahwa para juri dalam debat ini dihadirkan dari kalangan dosen ahli hukum yakni Dr H Aden Rosadi, M.Ag, H Uu Nurul Huda, SH, MH, dan Burhanuddin H, S.Ag, MH.

Wakil Dekan III FSH Dr Ah Fathoni, M.Ag menyambut baik kegiatan debat yang dilakukan SM-FSH ini, karena secara akademik mampu mengembangkan intelektul, keterampilan, dan wawasan keilmuan sesuai spesifikasi keilmuan yang mereka geluti.  “Saya mengapresasi kegiatan ini, untuk mengukur keamampuan sekaligus melatih kecakapan serta keterampilannya menyampaikan gagasan-gagasan penting seputar syariah,” ujarnya.

Kegiatan ini dipandang Wadek III memberikan daya dukung terhadap rencana Gebyar FSH yang akan diselenggarakan pada 2015 nanti. Ada tiga bidang yang dikompetisikan dalam Gebyar FSH ini: olahraga, seni, dan  keilmuan.  “Keilmuan menyangkut debat hukum, karya tulis ilmiah, lomba pidato bahasa Inggris dan Arab, dan lain-lain,” jelas Dr Fathoni. (Nank)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x