id Indonesian

RISET: BULLYING, KONSELING DAN KOMITMEN BERAGAMA

(UINSGD.AC.ID)-Kesuksesan belajar siswa (peserta didik) merupakan keinginan dan tujuan setiap orang tua, guru (pihak sekolah), bahkan masyarakat. Ukuran sukses memang sangat mungkin berbeda antara satu orang dengan orang lain. Namun hampir dapat dipastikan bahwa semua orang akan mempunyai pandangan yang sama: yakni bahwa setiap orang akan senang jika anaknya menjadi pandai dan bermanfaat.

Dalam kontek pendidikan, untuk membangun etika sosial bangsa ini, maka perlu upaya-upaya kongkrit yang harus dilakukan dalam proses belajar mengajar di madrasah/sekolah. Oleh karena itu, perlu dikemukakan beberapa elemen penting di setiap madrasah/sekolah untuk mampu mendidik anak (siswa) menjadi sukses (pandai dan bermanfaat).

Dengan menyebutkan ungkapan bermanfaat, berarti kepandaian siswa tidak hanya untuk dirinya atau keluarganya, namun juga untuk bangsa secara keseluruhan.

Untuk mengetahui hasil riset tentang Penanganan Perilaku Bullying Siswa Melalui Konseling Model Pengembangan Komitmen Beragama oleh Prof Dr Hj Ulfiah MSi yang dimuat pada Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi 1 (1), 67-74, 2008 dapat diunduh pada laman ini

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x