id Indonesian

BKLHK Model Terbaik di Indonesia

[www.uinsgd.ac.id] Biro Konsultan dan Layanan Hukum Keluarga (BKLHK) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung merupakan salah satu model klinik bantuan hukum universitas terbaik di Indonesia, yang sama persis dengan FLAP Monash University, Australia.

Hal tersebut dinyatakan oleh Jennifer Lindstrom, PLAP Monash University – Program Manager University Legal Clinic AIPJ, Australia, usai mengamati langsung keterlibatan mahasiswa FSH UIN SGD dalam memberikan pendampingan dan pelayanan bantuan hukum kepada masyarakat di Pengadilan Agama Sumedang selama dua hari. “Ini benar- benar melibatkan mahasiswa dalam pelayanan bantuan hukum kepada masyarakat dengan baik,” ujar Jenniper, selasa (17/3).

Ia sengaja datang ke FSH untuk  membuktikan aktivitas BKLHK dan kemampuan para mahasiswa mendampingi masyarakat dalam memperoleh akses kepada keadilan (access to justice). “Yang menarik bagi saya, BKLHK yang sebelumnya dirintis oleh para dosen sebagai sarana pengabdian kepada masyarakat di bidang pelayanan hukum, kini sepenuhnya dikelola oleh para mahasiswa melalui kemitraan antara Perguruan Tinggi dengan Pengadilan,” katanya.

BKLHK, yang digagas Dr Deni K Yusuf, Dr Ramdhani Wahyu, Burhanuddin, S.Ag, MH sejak 2010 memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat di wilayah Sumedang dan Subang. Jumlah perkara yang diadvokasi oleh mahasiswa selama tahun 2013 lebih dari 2.000 kasus, tahun 2014 lebih dari 2100 kasus, dan terus meningkat di tahun 2015 ini.[Nank]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x