id Indonesian

Artikel Ilmiah Mahasiswa

Artikel ilmiah merupakan sasaran pencapaian keberhasilan pendidikan tinggi. Indikator keberhasilan ini adalah publikasi artikel di jurnal ilmiah.

Penulisan artikel bisa digiatkan sejak semester pertama. Tentu saja template artikel mesti dibedakan di masing-masing jenjang. Bagi mahasiswa semester pertama cukup dengan template mini artikel atau prosiding.

Indikator kemajuan mesti diterapkan. Antara lain peningkatan kualitas penulisan menuju keberhasilan.

Kemajuan mahasiswa pasti beragam bergantung treatment dan motivasi. Paling utama adalah peningkatan kualitas penulisan sejak draf awal mulai ditulis.

Kemajuan pasti berjalan perlahan secara bertahap. Mustahil sesuatu bisa “ujug-ujug” maju. Sangat mungkin terjadi memulai di semester pertama dan diperoleh kemajuan di semester lanjut.

Paling utama mahasiswa memiliki naskah untuk ditelaah paragraf per paragraf hingga dipastikan kualitas penulisannya terus meningkat sampai dipastikan sukses dan berhasil terbit di jurnal ilmiah. Proses ini pasti panjang yakni dimulai menulis prosiding di semester pertama dan berhasil terbit di jurnal ilmiah di semester lanjut.

Prinsip utama mahasiswa semasa kuliah memiliki pengalaman menerbitkan artikel di jurnal ilmiah. Jika tidak dimulai sejak dini, mahasiswa bisa kaget ketika mereka menyelesaikan tugas akhir.

Artikel ilmiah adalah naskah awal, ditingkatkan kualitasnya, disesuaikan menurut template, dan dipastikan terbit di jurnal ilmiah. Tidak perlu naskah baru. Sebab, mahasiswa selama di masa kuliah pasti memiliki makalah yang tersimpan di komputer.

Kenyataanya banyak mahasiswa yang akseleratif. Sejak semester pertama sudah memiliki naskah yang rapi, siap disertakan di konferensi, dan siap dikirim ke jurnal untuk publikasi ilmiah.

Sungguh merupakan keberhasilan. Kuliah dimulai Senin, 28 September 2020. Sampai Selasa, 10 November 2020, telah terhimpun 22 naskah siap dikirim ke jurnal ilmiah.

Hal di atas adalah pengalaman Semester I Kelas A, B, dab C sebanyak 94 Mahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Bandung, 11 November 2020
Wahyudin Darmalaksana, Pengampu Metodologi Ilmu Hadis Di UIN Bandung

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x