id Indonesian

Antisipasi Dunning-Kruger Effect, MPI UIN SGD Ubah Pola Perkuliahan

Ada sekitar sembilan institusi yang telah melakukan studi banding ke Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung sejak 2015 hingga 2020. Mereka yang telah berkunjung ke Jurusan MPI UIN SGD Bandung diantaranya MPI UIN Raden Fatah Palembang 2015, MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 10 Mei 2016, MPI IAIN Purwokerto 8 Oktober 2016, MPI STAI Al Hidayah Bogor 4 Februari 2016, MPI IAIN Gorontalo tahun 2019, dan baru-baru ini MPI Universitas Hasyim Ashari Tebuireng Jombang Jawa Timur, Selasa 14 Januari 2020 serta MPI STAI Al Maarif Kalirejo Lampung. Umumnya mereka tertarik dengan Jurusan MPI UIN SGD Bandung karena Jurusan ini telah terakreditasi A dari BAN-PT Kemenristekdikti/Kemendikbud Republik Indonesia. Bahkan sejak masih sebagai Jurusan Kependidikan Islam pun telah memperoleh nilai akreditasi A. Kini Jurusan MPI UIN SGD Bandung sedang menyiapkan diri mengajukan akreditasi AUN-QA.

Dalam rangka perbaikan berkelanjutan Jurusan MPI UIN SGD Bandung kini sedang melakukan revisi kurikulum agar lebih berorientasi pada kebutuhan lulusan (outcome based education), demikian menurut Dr. Irawan selaku Ketua Jurusan MPI UIN SGD Bandung dalam kata sambutan penerimaan kunjungan 40 mahasiswa dan 6 dosen MPI Universitas Islam Hasyim Asy’ari (UNHASYI) Tebuireng Jombang Jawa Timur.

MPI UNHASYI datang dan bersilaturrahim ke MPI UIN SGD Bandung dalam rangka kuliah kerja lapangan dan seminar ke-MPI-an. Ketua rombongan, H. Abdullah Aminuddin Aziz, M.Pd.I sekaligus Ketua Prodi MPI UNHASYI mengatakan bahwa salah satu alasan memilih MPI UIN SGD Bandung dijadikan sebagai target kunjungan karena aktivis dan tokoh-tokoh MPI di tingkat nasional banyak yang berasal dari MPI UIN SGD Bandung. Dr. Irawan adalah ketua umum Persmapi (Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia) sejak tahun 2014. Dr. Badrudin Ketua Umum Permapendis (Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam) Indonesia.

Rangkaian kegiatan studi banding diisi dengan seminar ke-MPI-an. Seminar menampilkan nara sumber Drs. H. Yaya Suryana, M.Ag. (dosen senior MPI UIN SGD Bandung). Dalam paparannya beliau mengatakan bahwa antara pengembangan keilmuan Manajemen Pendidikan Islam dengan keprofesian tenaga administrasi atau tenaga kependidikan Islam belum bersinergi dengan baik. Lulusan MPI sepertinya belum diproyeksikan mengisi pekerjaan sebagai tenaga kependidikan (Administrasi) di lembaga Pendidikan Islam (Madrasah, Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam). Oleh sebab itu kurikulum Jurusan MPI perlu ditata ulang agar nyambung dengan ilmu, keterampilan dan sikap yang dibutuhkan oleh calon pegawai atau karyawan di lembaga pendidikan Islam.

Terakhir, Jurusan MPI UIN SGD Bandung mendapat kunjungan dari Program Studi MPI Al Maarif Kalirejo Lampung (28-01-2020). Rombongan yang dipimpin oleh Drs. Ahmad Rifai, MPd. diterima langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah UIN SGD Bandung (Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed.).

Dalam sambutannya, Profesor Aan Hasanah menyinggung laporan penelitian Dunning–Kruger Effect tentang bias kognitif yang terjadi pada seseorang yang mengalami superioritas ilusif. Orang yang mengalami sindrom ini merasa kemampuannya lebih hebat daripada orang lain. Bias ini diakibatkan oleh ketidakmampuan orang tersebut secara metakognitif mengetahui segala kekurangannya. Fenomena ini sering terjadi terutama di media sosial seperti di Whatsapp Group.

Generasi muda milenial yang akrab dengan gadget sangat rawan terjangkit sindrom Dunning-Kruger karena hasrat untuk menjadi “ahli” segala bidang ilmu lebih tinggi daripada hasrat untuk membaca, mengasah pemahaman dan kompetensi keilmuannya. Ini tantangan bagi Jurusan MPI untuk merancang perkuliahan yang bisa mengantisipasi mahasiswa dan lulusan agar tidak gagal paham dalam menggunakan internet dan media sosial. Banyak kejadian serius yang disebabkan oleh hal-hal sepele gara-gara saling ejek di medsos atau termakan berita hoaks. Keberadaan Jurusan/Prodi MPI menjadi strategis karena tugas MPI bukan hanya mampu memanaj teknologi informasi digital secara teknis tetapi juga bijak dalam pemanfaatannya, yakni selalu bersikap santun, tidak sombong dan berakhlak mulia (jujur) dalam menyampaikan berita.

Irawan, selaku Ketua Jurusan MPI UIN Bandung merespons positif himbauan dekannya untuk mengubah pola perkuliahan di MPI. Revisi kurikulum yang sedang dikerjakan oleh jurusan telah memperhitungkan menambahkan mata kuliah baru yaitu literasi digital. Selain itu laboratorium Jurusan sedang menyusun soft skill MPI yang sumbernya berasal dari ajaran Islam seperti bersikap sabar, istiqamah, kerja keras, cakap dalam mengambil keputusan dan beberapa sikap religius lainnya (ir/persmapi).

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x