Pentingnya Standar Kompetensi untuk Ciptakan Tenaga Kerja Profesional dan Bersertifikat

UINSGD.AC.ID (Humas) — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi satu-satunya FEBI di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang diundang untuk menghadiri Konvensi Nasional Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) Bidang Manajemen Risiko Perbankan.

Acara yang diselenggarakan di Double Tree Hotel Surabaya, Senin, (8/7/2024) ini merupakan inisiasi dari Otoritas Jasa Keuangan Bidang Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen, Kementerian Tenaga Kerja dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Dr. Iwan Setiawan, M.Pd, ME.Sy menjadi perwakilan dari FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menghadiri konvensi ini. Acara ini menekankan pentingnya standar kompetensi agar tercipta tenaga kerja yang profesional, berintegritas, dan berdaya saing global bisa. “Konvensi ini melibatkan para stakeholders mulai dari akademisi, industri, asosiasi, lembaga pendidikan dan pelatihan, hingga lembaga sertifikasi terkait mengenai standar kompetensi yang akan digunakan untuk meningkatkan kualitas SDM dan kinerja industri jasa keuangan,” tegasnya.

Dekan FEBI, Prof. Dr. H. Dudang Gojali, M.Ag menegaskan bahwa sertifikasi kompetensi kerja nasional merupakan kunci profesionalitas dan kulitas bagi setiap pihak yang terlibat termasuk dosen dan praktisi. “Sumber daya di sektor keuangan perlu secara terus-menerus mengembangkan diri melalui sertifikasi ini agar pelakunya memiliki jaminan kualitas dan profesionalitas,” ujar Prof Dudang.

Konvensi nasional RSKKNI selain menjadi ajang perancangan lebih lanjut juga menjadi wadah eksplorasi dan evaluasi agar setiap rancangan yang ada mampu menjadi acuan yang tepat.(NRA)

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *