id Indonesian

144 Mahasiswa UIN SGD Lulus Santri Mahad Al-Jamiah

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 144 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Senin (11/8), dinyatakan lulus seleksi santri Mahad Al-Jamiah setelah mengikuti seleksi bersama 350 orang lainnya.

Demikian disampaikan Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullaj., SH., M.hum melalui Kasubag Humas UIN SGD Bandung, Saepudin S.Pd.I., M.Ag. saat ditemui “GM” di kampus UIN SGD, Jln. A.H. Nasution Bandung, kemarin. Para santri itu nantinya masuk asrama selama setahun dan diproyeksikan mahir berbahasa Arab dan bahasa Inggris tanpa meninggalkan kegiatan perkuliahan di setiap fakultasnya.

Saepudin juga mengungkapkan, mahasiswa UIN kini wajib hafal Alquran minimal 2 juz untuk jurusan umum. Sedangkan jurusan agama minimal 10 juz. Dengan begitu, setiap calon mahasiswa yang telah hafiz (hafal Alquran) terutama yang 30 juz menjadi prioritas untuk diterima di UIN SGD Bandung, meski wajib mengikuti berbagai seleksi.

“Pokoknya setiap hafiz atau hafizah, terutama yang 30 juz, Pak Rektor memprioritaskan untuk diterima sebagai mahasiswa. Tapi tetap wajib mengikuti seleksi yang telah ditetapkan,” katanya.

Gelombang II

Sementara itu, 10 program studi (prodi) di UIN SGD Bandung tahun akademik 2014/2015 membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) gelombang II. PMB gelombang II jalur mandiri UIN SGD Bandung Tahun Akademik 2014/2015 akan ditutup 16 Agustus 2014. Sedangkan seleksi ujian tulis berlangsung pada 23 Agustus 2014 dan pengumuman 27 Agustus 2014.

Ia menyebutkan, khusus untuk pendaftaran jalur mandiri gelombang II hanya untuk 10 prodi. Yakni akidah filsafat, perbandingan agama, hukum ketatanegaraan dan politik islam (siyasah), perbandingan mahzab dan hukum, bimbingan dan penyuluhan Islam, komunikasi dan penyiaran Islam, manajeman dakwah, pengembangan masyarakat Islam, bahasa dan sastra Arab, serta terjemah bahasa Inggris (Diploma 3).

Sedangkan pada gelombang I jalur mandiri, lanjut Saepudin, sebanyak 6.246 peserta mengikuti seleksi tahun ini. Para calon mahasiswa baru mengikuti seleksi di seluruh prodi yang jumlahnya 42 prodi di UIN SGD Bandung.

Saepudin mengimbau seluruh peserta jalur mandiri gelombang II untuk segera mempersiapkan perlengkapan ujian tulis yang akan digelar pada 23 Agustus 2014 di lingkungan UIN SGD Bandung.

“Untuk ujian tes mendiri dilaksanakan pada 23 Agustus 2014 dan seluruh peserta harus mempersiapkan papan dada, pensil 2B serta penghapus demi kelancaran ujian,” kata Saepudin.
(B.46)

Sumber, Galamedia 12 Agustus 2014

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x