YUK PELAJARI ALQURAN VIA METODE TAMYIZ

(UINSGD.AC.ID)-Mempelajari Alquran bagi seorang muslim merupakan bagian penting dari proses belajar sepanjang hidupnya. Pemahaman yang mendalam tentang petunjuk-petunjuk yang ada dalam Alquran tentu akan sulit dicapai apabila kita tidak sekalipun pernah membacanya serta lebih jauh menghafal maupun memahaminya.

Keberadaan Alquran bagi seorang muslim merupakan anugerah Allah yang tidak ternilai harganya, karena dengan berpegang teguh kepada Alquran tersebut akan membawanya pada kebaikan hidup di dunia maupun akhirat. Akan tetapi baik disadari ataupun tidak oleh umat Islam, sesungguhnya perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari seringkali bertentangan dengan apa yang telah Allah gariskan dalam kitab-Nya. Hal ini menyiratkan kepada kita bahwa keberadaan Alquran yang luar biasa berharga itu justru cenderung disia-siakan oleh umat Islam sendiri.

Salah satu cara menghafal dan memahami Alquran adalah dengan belajar bahasa Arab. Di kalangan masyarakat, mempelajari bahasa Arab masih dianggap sebagai hal yang sulit. Demikian pula dengan santri yang secara khusus mempelajari Alquran, umumnya baru mampu membaca serta menghafal ayat-ayat Alquran tanpa disertai dengan pemahaman akan arti dari ayat-ayat tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Tamyiz terhadap memori dalam mempelajari Alquran. Penelitian ini menggunakan metode true-experimental dengan rancangan before match after design. Subjek merupakan santri Pondok Pesantren Qur’an Al-Lathifah, masing-masing terdiri dari 35 orang pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Metode Tamyiz terhadap memori dalam mempelajari Alquran.

Dalam metode tersebut terdapat proses pengulangan yang bersifat elaborative rehearsal serta terdapat strategi belajar mnemonic. Alquran dihafal menggunakan imajinasi dan kata yang dibuat menggunakan lagu-lagu populer, sehingga memudahkan santri dalam menyimpan informasi di dalam memori jangka panjang.

Untuk mengetahui hasil penelitian tentang Efektivitas Metode Tamyiz terhadap Memori dalam Mempelajari Alquran pada Santri Pondok Pesantren Quran oleh Alfi Fauziyah, Ulfiah, Ila Nurlaila Hidayat yang dimuat pada JPIB : Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, April 2018, Vol.1 No.1:37-52 dapat diunduh pada laman ini

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter