id Indonesian

UKM UPTQ UIN SGD Banyak Diminati

[www.uinsgd.ac.id] Sejumlah stand unit kegiatan usaha (UKM) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Sabtu (30/8) pagi, tampak berjejer di halaman kampus. Para pengurusnya bersiap-siap untuk memperkenalkan UKM mereka kepada para mahasiswa baru.

Berbagai bidang UKM yang saat itu membuka stan di kawasan UIN di antaranya UKM olahraga, otomotif, dan belajar berbahasa Arab. UKM merupakan wadah para mahasiswa untuk melakukan kegiatan positif sehingga hobi mereka dapat tersalurkan.

Salah satu stan UKM adalah unit pengembangan Tilawatil Quran. Dini Yati Koesnadi (18), mahasiswa asal Purwakarta, salah seorang pengurus UPTQ tampak gencar mempromosikan UKM-nya.

Diakuinya, kegiatan seperti itu sudah biasa terjadi setiap masa penerimaan mahasiswa baru. “Saya pun mengajak mahasiswa baru ikut bergabung dengan UPTQ,” ujarnya.

Ia menyebutkan, UKM UPTQ didirikan pada tahun 1994, usianya sudah 20 tahun.

Menurutnya, minat mahasiswa untuk bergabung dengan UPTQ UIN SGD Bandung cukup tinggi. Terlebih, tahun ini mahasiswa baru harus hafal tiga juz Alquran. Itu untuk jurusan umum. Sedangkan untuk jurusan agama, mahasiswa harus hafal 10 juz.

“UPTQ memfasilitasi dengan adanya Departemen Sipil Quran, sehingga UKM kami memberikan kepada anggota yang baru tentang metode-metode cara menghafal Alquran. Kami juga membuka cicilan hafalan sehingga saat lulus hafal tiga juz,” ujarnya.
(adhytia.job)*

Sumber, Galamedia Minggu 31 Agustus 2014

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x