id Indonesian

Robotika, Perakit Robot dari Sema FST

[www.uinsgd.ac.id] Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Sema FST) UIN SGD Bandung memiliki bidang semi otonom yang konsen bergelut di bidang robot, Robotika. Sejak dibentuk tahun 2008, Robotika kerap ikut serta dalam berbagai kontes robot.

Robotika pernah mengikuti kontes Robot Galobot tahun 2007, dan sempat masuk dalam perempat final. Tahun 2008 hingga 2010 mengikuti Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), lolos  uji coba tahap pertama dan kedua. Sayangnya, semenjak tahun  2011 Robotika vakum dan tidak bisa mengikuti KRCI yang berada di bawah Departemen Pendidikan,  sedangkan UIN SGD Bandung berada di bawah Departemen Agama.

Awal tahun 2014 Robotika mengikuti lomba di Parahiyangan dengan Robot Underwater. Selanjutnya Kontes Robot Pemadam Api (KRPA), hingga saat ini lolos seleksi tahap dua. Bulan April mendatang akan mengikuti lomba di Budi Luhur Jakarta. Sabtu pekan ini, Robotika akan  mengikuti lomba Teknoker di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. dan di tanggal 27 Maret 2015 akan mengikuti KRPA Line Follower  di  Institut Teknologi Surabaya (ITS).

“Tetapi sayang setelah mengikuti berbagai perlombaan, robot tersebut akan dibongkar kembali dan diambil Controller-nya karena keterbatasan biaya,” ujar demisioner Robotika, Faisal Akhbar Al-Khawarizmi, Kamis (5/03/2015). Robotika hanya mengandalkan anggaran dari Senat Mahasiswa Fakultas Saintek, terkadang meminta anggaran lebih kepada Rektorat untuk mengikuti perlombaan .

Kini Robotika terbagi kedalam 3 divisi yaitu Elektronika, Mekanika dan Softwere Engineer. “Robotika akan mengadakan lomba Sunan Gunung Djati Robot Cerdas (SGDRC), untuk wilayah Jawa Barat dan Banten bagi siswa SMA sederajat. Diselenggarakan April mendatang,” ungkap anggota Robotika, Muhammad Faisal Fahmi Amrillah. [Ulfah Choirun Nissa, Isthiqonita/Suaka]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x