id Indonesian

Peraih Beasiswa UIN Akan Menurun

[www.uinsgd.ac.id] Mahasiswa peraih beasiswa di lingkungan Universitas Islam Ne­geri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2014 ini kemungkinan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Pasalnya, komponen beasiswa yang diperoleh dari Bawaku Pem­kot Bandung, Darma Siswa kini dihapuskan. Oleh karena itu, beasiswa kini lebih difokuskan kepada beasiswa Bidik Misi karena kesulitan ekonomi.

Kepala Bagian Kemahasis­wa­an UIN Sunan Gunung Djati Ban­dung, H. Asep Saepudin Malik, S.Ag., M.Ag. mengatakan, pe­raih beasiswa tahun lalu mencapai 4.444 mahasiswa. Dari 11 kom­ponen yang terbanyak dari anggaran DIPA sebanyak 4.000 mahasiswa yang meraih beasis­wa, sedangkan jumlah peraih yang kedua beasiswa Bidik Misi jumlahnya 130 orang.

“Tahun ini diperkirakan ada pe­nurunan, meskipun peraih bea­siswa tetap berjalan diperoleh dari pihak ketiga seperti Bank Indonesia, Bank Mandiri, BRI, Super Semar, Pikiran Rak­yat, Pendis Kemenag RI, serta Tahfidz,” kata Asep saat dikonfirmasi “GM” di ruang kerjanya kam­pus UIN SGD Bandung, Jln. A.H. Nasution No. 105 Bandung, Jumat (29/8).

Menurut Asep, tahun ini ber­ku­rang karena komponen/­ang­garan beasiswa belum mendapat informasi. Begitu juga komponen beasiswa dari Bawaku, Darma Siswa sudah tidak ada. Se­dangkan dari Pendis Kemenag RI dan Harian Pikiran Rakyat belum ada kejelasan informasi.

Belum jelas

Berdasarkan data tahun lalu, lanjut Asep, peraih beasiswa dari komponen tersebut jumlahnya lebih dari 50 mahasiswa, namun untuk tahun sekarang mereka ti­dak meraihnya karena belum ada kejelasan. “Sesuai data yang ada tentunya yang meraih beasiswa tahun 2014 dipastikan akan berkurang,” kata Asep.

Sementara menyinggung beasiswa peraih Bidik Misi, Asep me­nyatakan, para mahasiswa tidak perlu khawatir karena selain mendapat beasiswa. Mereka juga akan mendapakan keri­nganan dari pihak rektorat. “Khu­sus peraih beasiswa Bidik Misi, kita berikan keringanan agar mereka terus terpacu untuk meningkatkan prestasi meski belum mendapatkannya,” janji Asep.
(B.46)**

Sumber, Galamedia Sabtu 30 Agustus 2014

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x