• (022)7800525
  • info@uinsgd.ac.id
  • Jl. A.H. Nasution No.105, Cibiru, Bandung 40614
id Indonesian

Mahasiswa UIN Bandung Relawan Kemanusiaan Covid-19

Wabah Covid-19 menjadi perhatian serius dunia pendidikan tinggi. Mahasiswa berempati memberikan kepedulian sebagai relawan kemanusiaan dari program lembaga dan pemerintah.

Berkenaan partisipasi mahasiswa sebagai relawan Covid-19 pada program-program pemerintah, Prof. Dr. H. Mahmud M.Si., Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung memberikan support dan sangat apresiatif. “Alhamdulillah, semoga sukses dan menjadi pelopor untuk yang lainnya,” ungkapnya.

Ungkapan serupa disampaikan oleh Prof. Dr. H.  Ah. Fathonih, M.Ag., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Saya menyampaikan apresiasi untuk anak-anaku yang ikut membantu pemerintah menangani dampak covid 19. Ini adalah wujud dari ciri insan akademis,” paparnya.

Fakultas mendata mahasiswa relawan Covid-19 bekerjasama dengan DEMA, SEMA, dan HMJ. Kerjasama ini diungkapkan oleh Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Kita bermitra dan bekerjasama untuk mendata mahasiswa relawan Covid-19. Kita pastikan mereka tetap sehat dan aman,” ujarnya saat Zoom Meeting bersama DEMA, SEMA, dan HMJ Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Senin 22 Juni 2020.

Dilaporkan sejumah mahasiswa partisipasi sebagai relawan Covid-19 pada program pemerintah. Antara lain Rizky Rahmatullah Hariri, Mahasiswa Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin. Menjadi satu di antara 15.000 mahasiswa “Relawan Kemanusiaan Melawan Covid-19” yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Indonesia dari 25 Mei-26 Juni 2020.

Indah Ayu Pratiwi, Mahasiswa Jurusan Studi Agama-agama Fakultas Ushuluddin. Tergabung sebagai relawan menjadi data analis pada Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat (PIKOBAR). Sejak pendaftaran relawan dibuka pada 30 Maret 2020, periode project gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat ini masih berlangsung sampai sekarang ini.

Ada juga yang tergabung dengan lembaga Internasional. Rijal Pahlevi, Mahasiswa Semester VI Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin. Mendapat penghargaan atas partisipasinya sebagai relawan dalam program Pendidikan Kesehatan yang diselenggarakan The United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF), dan The United States Agency for International Development (USAID) di Kabupaten Bandung Barat yang berlangsung Mei-Juni 2020.

Terkait hal ini pernyataan disampaikan pula oleh Dr. Muhlas, M.Hum, Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin. “Kami mendukung agenda Dekan Ushuluddin yang menyatakan aktivitas kerelawanan sebagai kurikulum yang memosisikan mahasiswa sebagai mitra kerjasama,” tuturnya di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jalan AH. Nasution No. 105 Bandung, Selasa, 23 Juni 2020.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x