Mahasiswa BKI Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung Raih Penghargaan Global Goals Action Ambassador 2024 di Malaysia

UINSGD.AC.ID (Malaysia) — Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Program Studi S2 Bimbingan Konseling Islam (BKI), Siti Kasmila meraih penghargaan sebagai Global Goals Action Ambassador 2024.

Atas capaian prestasi yang membanggakan kampus tercinta ini, Wakil Direktur III, Prof. Dr. H. Dindin Solahudin, MA menyampaikan “Selamat untuk Siti Kasmila, alumni PMI S1 Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) yang kini mahasiswa BKI S2 Pascasarjana UIN Bandung, atas prestasinya sebagai Global Goals Action Ambassador pada Global Goals Youth Summit 2024 di Malaysia. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi dan keberkahan bagi segenap sivitas UIN Bandung dan bangsa Indonesia,” tegasnya, Kamis (1/2/2024).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Mr. Dokhwan Lee selaku CEO of Youthnow, South Korea yang merupakan official partner dari United Nations Human Settlement Program (UN HABITAT) pada malam puncak inaugurasi Global Goals Summit 2024 di Royal Chulan Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia.

Secara resmi program ini diprakarsai oleh Studec Internasional dan didukung oleh Youthnow yang mana merupakan Official Partner dari the United Nations Human Settlement Program (UN HABITAT). Ada 3000 applicants yang mendaftar dalam program ini dan 150 applicants dari 17 negara dinyatakan lolos sebagai delegates.

Siti Kasmila merupakan delegasi dari Indonesia yang dinyatakan lolos setelah mengikuti seleksi dengan melewati rangkaian prosedur dan mengirimkan essay terkait kesehatan mental sebagai bagian dari SDGs.

Setelah dinyatakan lolos seleksi, Siti mendapatkan surat undangan sekaligus dinyatakan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti program ini.

Selama program berlangsung, Siti berkesempatan untuk turut serta dalam SDGs Comprehensive Training, Global Goals International Conference, 7 Global Goals Annual Meeting, SDGs Revolution Academic Presentation, Ambassador in Action (Aksi Sosial) bersama Pengungsi di bawah UNHCR South East Asia, Diplomatic Gala Dinner, dan Awarding Session.

Global Goals Summit adalah konferensi yang menghubungkan para calon pemimpin muda dengan dunia internasional. Adapun tema besar acara ini “Advancing Sustainable Development: A Call to Action”. Pertemuan ini menghadirkan para pembicara inspiratif yang merupakan para pakar internasional ternama mengenai Sustainable Development Goals, mengadakan sesi pertukaran budaya, dan pertemuan SDGs secara komprehensif yang menekankan kualitas pemimpin masa depan.

Program ini telah dilaksanakan selama satu pekan, mulai dari 21 hingga 27 Januari 2024 yang mana kegiatannya terdiri dari sesi online yang dilaksanakan melalui zoom meeting dan sesi offline dilaksanakan di Royal Chulan Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia.

Pada sesi online, “Saya diberikan materi pembekalan pre-orientation terkait dengan Global Leadership dari Dr. Nizam Mahmud selaku MBI Program Director Asia E-University, materi Public Speaking for Ambassador dari Magiana Ignasia selaku Puteri Indonesia Intelegensia, lalu materi terkait Self Development dari Dr. Alaa Bakar selaku CEO of Give and Go Asia dan materi dari beberapa pakar lainnya terkait Sustainable Development Goals,” paparnya.

Sedangkan pada sesi offline yang dilaksanakan selama 3 hari di Royal Chulan Hotel, Kuala Lumpur Malaysia. Siti Kasmila berkesempatan mengikuti konferensi yang dihadiri oleh pemimpin, pembuat kebijakan dan pakar professional dari 17 negara lainnya, di antaranya Australia, Bangladesh, Botswana, Brunei Darussalam, Congo, Malaysia, Pakistan, Singapore, Thailand, United Kingdom, Vietnam, Yemen, Philipines, Nepal, South Africa, South Korea dan tentu saja Indonesia.

Pada hari pertama, Siti Kasmila mendapatkan banyak insight baru dari para pakar pembicara di antaranya Designing Global Economic Growth dari Prof. Dr. Saadiatul Ibrahim dari UPM Malaysia, Designing SDGs Future Green Action and Project dari Chanee Kalaweit selaku founder of Kalaweit Foundation, Designing SDGs Future Education and Project dari Prof. Madya Dr. Betania Kartika from INHART IIUM Malaysia, materi Designing Youth Habits to Save The Planet dari Ian McHamon sebagai Advisor Geoforensix Energy Industry Solutions, materi Designing Future SDGs on AI and Data Science dari Jagmohan Singh sebagai Director The Center of Applied Data Science (CADS) Asia dan materi pembekalan lain dari para pakar lainnya.

Saat menjadi pembicara, Siti menyampaikan gagasannya terkait upaya penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin ketiga yakni Good Health and Well-being dengan membawakan tema “The Importance of Youth Mental Health to Achive Sustainable Development Goals 2030”.

“Pentingnya kesehatan mental untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di hadapan pakar professional lainnya,” jelas Siti.

Pada saat itu diberikan kesempatan untuk membuat Project Design yang dituangkan dalam Project Canvas dan mempresentasikannya di hadapan panitia, juri dan peserta lainnya terkait wisata lokal di pesisir bersama rekannya di satu grup perwakilan negara lainnya.

Sebagai delegasi dari Indonesia, “Alhmdulilah, pada malam puncak awarding session Siti Kasmila diberikan anugerah penghargaan sebagai Global Goals Action Ambassador 2024 karena telah menjadi Honourable Delegate dan Academic SDGs Presenter,” ujarnya.

Pada hari terakhir, Siti Kasmila berkesempatan utuk ikut serta merayakan UN Volunteer Day dengan turut melaksanakan aksi sosial “Ambassador in Action” dengan memberikan edukasi dan motivasi serta menghibur anak-anak pengungsi dari Myanmar di bawah naungan The Peace Education Center, anak-anak pengungsi Indonesia di bawah naungan Dompet Duafa bekerja sama dengan PCIM Malaysia dan anak-anak pengungsi Somalia di Somalia Refugees House di bawah naungan Youth Empowerment Support di Malaysia.

“Semoga prestasi Siti Kasmila menjadi inspirasi bagi kita semua,” pungkasnya.

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter