id Indonesian

KSR PMI UIN Bandung Selenggarakan Donor Darah

[www.uinsgd.ac.id] Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit UIN SGD Bandung menyelenggarakan donor darah di Auditorium UIN SGD Bandung, Senin (16/2/2015). Selain donor darah, PMI juga mengikut sertakan pelatihan dokter cilik (dokcil) dari SD Krida Nusantara.

“Bagi orang-orang yang sudah rutin melakukan donor darah, mereka bilang setelahnya terasa segar dan badan menjadi enteng,” ujar Kepala Bidang Pelayanan, Nurul Tazkia. Menurutnya Donor darah sangat bermanfaat bagi kesehatan.

“Orang-orang sering beranggapan bahwa donor darah itu menyeramkan, sampai akhirnya tidak jadi melakukan donor,” tambah Nurul

Pendonor harus memenuhi beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika akan melakukan donor darah, misalnya memiliki berat badan minimal 47 kilogram, tekanan darah normal, dan kadar HB normal. Sebelum mendonor harus terlebih dahulu sarapan dan makan siang, tidak sedang menjalankan puasa, tidak sedang halangan (bagi wanita), serta tidur minimal 5 jam sehari.

“Pertama kali ikut donor darah itu karena ingin mencoba dan ingin membantu orang yang lebih membutuhkan. Setelah ikut donor darah rasanya lega karena sudah mencoba, penasaran juga hilang. Kedepannya ingin ikut donor darah lagi,” ujar mahasiswa Manajemen, Imam Firmansyah. [Hasna Salma, Isthiqonita/Suaka]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x