id Indonesian

Kontribusi UIN untuk Kemerdekaan Palestina

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung bekerjamasa dengan Direktorat Timur Tengah Kementerian Luar Negeri menggelar Seminar Nasional bertajuk “Peran, Dukungan dan Kontribusi Indonesia atas Palestina” dengan menghadirkan narasumber: Denny Lesmana (Kasubdit Polkam Direktorat Timur Tengah Kemenlu RI) dan Prof. Dr. H. Agus Salim M., M.Pd. (Dekan FAH) yang dibuka secara resmi oleh Rektor, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M.Hum., di Auditorium lama, Kamis (12/2).

Dalam sambutannya Rektor menjelaskan “sebuah keniscayaan yang telah diatur dan diamanatkan dalam Undang-undang jika kita sebagai negara yang mayoritas beragama Islam tidak ikut andil untuk memberikan kontribusi yang jelas terhadap kemerdekaan Palestina ini,” paparnya. 

“Kontribusinya dalam bidang politik, karena perang di Palestina dengan Israel bukan perang agama, tetapi perang politik,” jelasnya.

Kasubdit Polkam menegaskan satu-satunya negara yang ikut Konferensi Tingkat Tinggi Asia–Afrika yang sampai hari ini belum merdeka adalah Palestina,”terangnya.

“Jadi kita punya kaitan sejarah yang panjang dengan Palestina unuk memerdekanya. Caranya dengan berkontribusi melalui perubahan politik karena konflik yang hari ini terjadi bukan atas nama agama, tapi kepentingan politik,” sambungnya.

Bagi Dekan FAH, menguraikan sejak 16 november 1988, Indonesia menjadi negara yang secara resmi mendukung Dewan Nasional Palestina (PNC) untuk memploklamirkan negara Palestina medeka. 31 Desember 2011, Indonesia mendukung keanggotaan Palestina sebagai anggota dewan Keamanan PBB urusan Pendidikan dan Kebudayaan, UNESCO.

28 Februari 2014, nota kesepahaman Presiden RI, SBY dengan PM Palestina, Rami Hamdallah di Istana Negara. SBY menggarisbawahi komitmen dan langkah praktis Indonesia mendukung terwujudnya negara Palestina Merdeka.

Ketua Seminar, Dr. H. Sulasman, M.Hum. meyakinkah acara ini menjadi salah satu cara berkontribusi pihak UIN SGD Bandung dalam memerdekakan Palestina. “Mudah-mudahan keikutsertaan kita dalam acara Seminar ini memberikan kontribusi positif terhadap kemerdekaan Palestina,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]

 

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x