UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Ruang Kerja Moderasi

Strategic Planning

Saat ini era moderasi. Yang dimaksud dengan moderasi di sini adalah, “ide dan gerakan damai, berlandaskan nilai-nilai luhur, dan pemecahan masalah”.

Seiring dengan era ini, Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung terpanggil untuk mewujudkan “Ruang Kerja Moderasi”. Fakultas Ushuluddin merupakan institusi pendidikan tinggi Islam yang bertugas merawat ilmu-ilmu dasar Islam, seperti teologi, filsafat, tasawuf, antropologi, dan sosiologi. Fakultas ini intensif melakukan studi teks suci, studi agama, dan studi sosial-budaya dengan multi perspektif secara holistik. Ruang Kerja Moderasi Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung berperan melaksanakan inisiasi “Moderasi Beragama”, yakni pemecahan masalah berlandaskan ilmu-ilmu agama (Islam).

Saat ini Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung memiliki 5 (lima) program studi, yaitu Aqidah Filsafat Islam, Tasawuf Psikoterapi, Studi Agama-Agama, Ilmu Al-Qur’an & Tafsir, dan Ilmu Hadis. Tugas utama program studi adalah pendidikan, penelitian (research), dan partisipasi masyarakat.

Ruang Kerja Moderasi Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung mengedepankan visi “SDM unggul menuju Indonesia maju berbasis moderasi beragama”. Misinya ialah: menciptakan ruang kerja partisipatif dan kolaboratif; menciptakan ruang kerja studi agama berprespektif moderasi; dan menghasilkan SDM yang mumpuni di bidang moderasi beragama. Ruang Kerja Moderasi mengusung tagline “Ushuluddin Bergegas”.

Ruang Kerja Moderasi akan dilandasi nilai (value) dalam segala aktivitasnya. Pertama, leadership (uswah) yaitu nilai kepemimpinan untuk siap dipimpin dan siap memimpin. Kedua, khidmat (services), yakni nilai pelayanan meliputi layanan minimal, layanan standar, dan layanan prima. Ketiga, moderasi (tasamuh) adalah nilai kedamaian melalui kerja sama, kemitraan, dan kolaborasi.

Tujuan Ruang Kerja Moderasi ialah: 1) melakukan studi ilmu-ilmu dasar Islam untuk menemukan postulat-postulat baru gagasan dan aksi moderasi beragama; 2) pengelolaan model moderasi beragama melalui pendirian pusat-pusat studi yang memperkuat eksistensi program studi; 3) memperkuat jaringan untuk pelaksanaan kerja sama strategis di bidang gerakan moderasi beragama; dan 4) menebar nilai-nilai Islam damai yang eksplisit, konkrit, kotributif, dan berorientasi pemecahan masalah untuk kesejahteraan Indonesia.

Aktivitas kunci Ruang Kerja Moderasi didasarkan tujuan strategis di atas. Pertama, agenda diseminasi postulat-postulat baru moderasi beragama yang menjadi output (keluaran) studi ilmu-ilmu dasar Islam melalui analisis kritis berbagai perspektif. Kedua, agenda pengembangan moderasi beragama melalui inisiasi pendirian pusat-pusat strategis yang berfungsi memperkuat eksistensi program studi. Ketiga, agenda kolaborasi dalam gerakan moderasi beragama untuk pelayanan dan perdamaian. Keempat, agenda mensejahterakan masyarakat berbasis model-model moderasi yang relevan, efektif, dan pemecahan masalah.

Timeline Ruang Kerja Moderasi, yaitu: 1) Studi ilmu-ilmu dasar Islam untuk penemuan postulat-postulat baru moderasi beragama yang menjadi kekhasan Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung 2019-2020; 2) Pelestarian kekhasan ide, gagasan, dan bentuk aksi moderasi beragama melalui pengembangan pusat-pusat studi strategus 2020-2021; 3) Penguatan jaringan untuk efektifitas gerakan moderasi beragama 2021-2022; dan 4) Partisipasi keunggulan moderasi beragama untuk pemecahan masalah kesejahteraan NKRI 2022-2023.

Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung bergegas melalui Ruang Kerja Moderasi.

Bandung, 01 September 2019

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.