UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Menjadikan Mahasiswa Mitra dalam Mewujudkan Nilia-nilai Ushuluddin

Ke mana mahasiswa sejauh ini berlabuh? Setiap kita (dosen) memiliki sejumlah mahasiswa bimbingan. Ini dibagikan tiap tahun ajaran baru.

Karena itu, saya membayangkan tiap dosen akan dikelilingi oleh para mahasiswa bimbingannya. Setiap dosen akan punya daftar nama-nama mahasiswa bimbingannya.

Kita akan melakukan evaluasi untuk kemajuan dan perkembangannya. Mereka akan menjadi mitra, team yang solid, dan melaksanakan komitmen untuk menghasilkan kertas kerja tertentu.

Beberapa di antara mereka akan diajak mengerjakan penelitian atau pengabdian, diarahkan kursus bahasa dan tahfidz, latihan menulis. Kapasitas dan potensi merka mereka dituntun untuk dikuatkan. Kami melihat banyak dosen menunaikan hal ini. Bahkan, sampai mereka studi lanjut atau memasuki dunia kerja.

Untuk menjalankan visi, misi dan tujuan Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung periode 2019-2023, dikembangkan tiga nilai utama yakni Leadership (Uswah Hasanah), service excellence (Khidmah), dan nilai Moderasi. Tiga nilai utama itu yang menjadi rujukan perilaku dan dalam pengambilan keputusan seluruh aspek pengembangan. Tiga nilai utama tersebut meliputi:

Pertama, Nilai Uswah Hasanah (leadership). Aspek ini digunakan untuk mendorong adanya prilaku yang mengarah pada integritas, profesional, kreatif, inovatif dan produktif dalam diri setiap sivitas akademik Fakultas Ushuluddin dalam menciptakan budaya akademik yang berpegang teguh pada nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan sehingga menjadi role model kemajuan dan kemanfaatan di masa yang akan datang;

Kedua, Nilai Khidmah (service excellence) yang dikembangkan dalam upaya menumbuhkan komitmen pelayanan prima dan peningkatan kualitas yang berkelanjutan dalam seluruh proses akademik. Dalam hal ini, perilaku sivitas akademik fakultas ushuluddin diarahkan untuk saling mendukung satu sama lain, menghargai proses, fokus terhadap tujuan, dinamis, antisipatif, dan solutif; dan

Ketiga, Nilai Wasathiyah (moderasi) yang dikembangkan dalam upaya menghidupkan keseimbangan, keteraturan dan harmoni dalam proses pengelolaan fakultas melalui kolaborasi, partisipasi, transparansi dan demi kepentingan terbaik bagi lembaga sehingga seluruh sivitas akademik Fakultas Ushuluddin merasa menjadi bagian penting dalam proses kemajuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat, negara dan bangsa.

Dr.Wahyudin Darmalaksana, MA.g, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung.