id Indonesian

Kelompok KKN 114 Sisdamas Kompak bersama Warga Laksanakan Pengecoran Jalan Kampung

(UINSGD.AC.ID)- Kelompok 114 Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN SISDAMAS)  UIN Sunan Gunung Djati Bandung ikut berpartisipasi bersama warga kampung Merak Dampit RW 15 Desa Cimenyan Bandung melaksanakan pengecoran jalan guna untuk mendapatkan akses jalan yang lancar, Ahad (31/07/2022)

Pengecoran jalan ini dilaksanakan tepatnya di RT 01 RW 15 dengan panjang pengecoran kurang lebih 100 meter yang dilaksanakan secara manual dan gotong royong.

Terlihat, warga sangat antusias dengan kegiatan pengecoran jalan ini. Warga bergotong royong bahu membahu menuntaskan penyelesaian sisa jalan yang belum di cor.

Kepala Desa Cimenyan, Supratman Taryana mengungkapkan bahwa pelaksanaan pengecoran Desa Merak Dampit ini guna melancarkan akses jalan masyarakat. Karena sebelum melaksanakan pengecoran ini, banyak warga yang celaka. Juga bisa dilihat tempuh jalannya sungguh sangat terjang dan berbahaya.

Hal yang luar biasa di kampung Merak Dampit ini adalah bagaimana kepedulian masyarakat melalui melalui pengurus dan tokoh masyarakatnya.

“Yang luar biasanya dari kampung Merak Dampit ini adalah anggaran murni swadaya masyarakat ditambah dapat bantuan dari Desa. Intinya kalau di kita itu di kampung Desa Cimenyan gotong royong sabilulungan. Bagaimana peran masyarakat di dorong oleh pengurus RT RW dan Desa, sehingga bisa terwujud pengecoran jalan,” ungkapnya

Harapan yang dimiliki Supratman selaku Kepala Desa sangat banyak. Salah satunya yaitu akses jalan yang lebih baik untuk membantu memudahkan mobilitas warga.

“Mudah-mudahan dengan sudah mulai bagus meskipun masih ada sekitar 80 meter lagi lebar 1 meter. Tapi harapan utama, masyarakat merasa nyaman enak dengan keberadaan jalan ini. Yang kedua, harapannya ini termasuk akses jalan untuk jalan pertanian. Jadi kalo di kampung itu ada yang namanya ojeg. Ketika yang sudah panen perlu di angkut. Nah ini perlu jalan ini,” pungkasnya. (Rian Sobari 1194050136/Magang)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x