Jejak Kebaikan: Eksplorasi 5 Majelis Taklim di Sekitar UIN Bandung

UINSGD.AC.ID (Kampus I) — Majelis taklim merupakan salah satu wadah pembelajaran keagamaan dan sosial yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Majelis taklim ini tidak hanya berfokus pada aspek keagamaan, tetapi juga menggali berbagai bidang ilmu, seperti studi agama, ilmu sosial, dan ilmu pengetahuan lainnya.

Dalam rangka memperingati hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw, yuk kita cari tahu 5 majelis taklim yang ada di sekitar UIN Bandung!

1. Majelis Taklim Masjid Ikomah
Kehidupan kampus UIN Bandung tidak hanya diwarnai oleh kegiatan akademis, tetapi juga oleh berbagai kegiatan keagamaan dan keilmuan. Salah satu komunitas yang mencolok adalah Majelis Taklim Masjid Ikomah, sebuah perkumpulan pengajian yang menjadi tempat berkumpul dan belajar bagi para ibu-ibu di sekitar kampus.

Majelis Taklim Masjid Ikomah menyelenggarakan berbagai kegiatan rutin dan pengajian setiap minggunya. Dengan berfokus pada pemberdayaan perempuan, terutama ibu-ibu, Majelis Taklim Masjid Ikomah menciptakan lingkungan yang mendukung perempuan untuk belajar dan berkembang dalam bidang keilmuan agama.

2. Majelis Taklim Muhajir Panyileukan
Majelis Taklim Muhajir Panyileukan bukan sekadar tempat pengajian rutin, tetapi juga merupakan wadah bagi masyarakat sekitar untuk mendalami ilmu agama dan meningkatkan keimanan. Pengajian rutin, kajian kitab, dan diskusi keagamaan menjadi andalan majelis taklim ini dalam mendekatkan diri kepada nilai-nilai keislaman dan keberagaman.

Salah satu prestasi gemilang yang mengukir nama Majelis Taklim Muhajir Panyileukan adalah keberhasilan mereka dalam menjuarai Lomba Kultum se-Bandung Timur yang diselenggarakan oleh DKM Ikomah UIN Bandung.

3. Majelis Taklim Al Hilal Pasirbiru
Kehadiran Majelis Taklim Al Hilal di tengah-tengah masyarakat di sekitar kampus UIN Bandung menjadi sorotan utama sebagai pusat kegiatan yang tidak hanya mempererat tali silaturahmi, tetapi juga mendalami ilmu agama serta meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Majelis Taklim Al Hilal memberikan perhatian khusus pada pembentukan karakter dan ketaatan kepada Allah SWT.

Dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti dzikir, tahajjud, dan pengajian rutin, majelis taklim ini bertujuan untuk membimbing para peserta agar lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan menerapkan ajaran-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Majelis Taklim Al-Hasan 2 Cipadung Kidul
Majelis Taklim Al-Hasan 2 Cipadung Kidul menyelenggarakan pengajian rutin sebagai tonggak kegiatan utama mereka. Pengajian ini mencakup berbagai materi, mulai dari tafsir Al-Quran, hadis, hingga kajian kitab-kitab keislaman.

Selain pengajian rutin, Majelis Taklim Al-Hasan 2 Cipadung Kidul aktif dalam kegiatan gabungan dengan majelis taklim lain. Acara gabungan ini menciptakan peluang untuk berinteraksi dengan komunitas keagamaan yang lebih luas, berbagi pengalaman, dan memperluas jaringan keilmuan.

5. Majelis Taklim An-Nur Cibiru
Majelis Taklim An-Nur di Cibiru dikenal sebagai pusat pengajian agama yang inspiratif. Setiap pengajian rutin yang diselenggarakan membawa berbagai tema, mulai dari tafsir Al-Quran, kajian hadis, hingga diskusi keagamaan kontemporer.
Selain kegiatan keagamaan, Majelis Taklim An-Nur Cibiru turut memberikan perhatian pada pengembangan keterampilan digital, terutama pada pelaku usaha produktif di sekitar wilayah Cibiru. Mereka menyelenggarakan sosialisasi literasi digital yang membekali pesertanya dengan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi, pemasaran online, dan pengelolaan bisnis yang efisien.

Dengan keberagaman yang dimiliki, majelis taklim di sekitar kampus ini menjadi wahana penting dalam membentuk generasi masyarakat yang berkomitmen pada nilai-nilai keagamaan, sosial, dan keilmuan. (Anisa Hanifah/Magang)

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter