DETERMINAN DANA PIHAK KETIGA BANK UMUM SYARIAH

(UINSGD.AC.ID)-Dana pihak ketiga pada bank umum syariah di Indonesia mengalami fluktuasi. Faktor-faktor yang menentukan tingkat penghimpunan dana pihak ketiga merupakan hal yang penting bagi stabilitas keuangan dan manajemen bank syariah.

Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan dan mendeskripsikan pengaruh produk domestik bruto dan Inflasi terhadap dana pihak ketiga secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah bank umum syariah di Indonesia. Analisis data yang menggunakan regresi linerar berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk domestik bruto dan inflasi secara parsial berpengaruh terhadap dana pihak ketiga pada bank umum syariah di Indonesia. Sedangkan secara simultan produk domestik bruto dan inflasi berpengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 85, 5% terhadap dana pihak ketiga pada bank umum syariah di Indonesia. Peningkatan dana pihak ketiga tergantung pada kondisi makro ekonomi Indonesia, makro ekonomi yang dominan.

Untuk mengetahui hasil penelitian Dadang Husen Sobana, Ricky Hamzah, Sri Habibah tentang Determinan Dana Pihak Ketiga Bank Umum Syariah Di Indonesia yang dimuta pada JPS (Jurnal Perbankan Syariah) – October Vol 2 No 2 (2021) dapat diunduh pada laman ini

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter