id Indonesian

Berdayakan Lulusannya, FST Bangun Sistem Penelusuran Alumni

Eksistensi  alumni sebuah lembaga perguruan tinggi posisinya sangat strategis, dan peranannya  sangat signifkan dalam membangun citra almamaternya. Karena itu, citra perguruan tinggi di tentukan oleh sejauh mana peran alumninya bagi almamaternya. begitu juga opini dan persepsi masyarakat atau dunia kerja dipengaruhi oleh kualitas almamaternya. Tingginya daya serap alumni di dunia kerja, menjadi cermin dan tolak ukur mutu  perguruan tinggi itu sendiri .

Sebab itu, untuk  mewujudkan dan  memberdayakan eksistensi alumni supaya kuat dan solid . Fakultas Sains dan Teknologi UIN Bandung telah  mengambil langkah-langkah strategis, salah satunya mengadakan  Workshop yang bertema” Perancangan  Sistem Penelusuran Alumni FST” yang digelar di Aula Utama Fakultas Sains dan Teknologi, Selasa, (20/05)

Workshop yang dibuka Dekan Fakultas  Sains  dan Teknologi  Dr.Ir. M.Subandi, Drs.MP ini, yang menjadi nara sumber adalah  para ketua jurusan dan dihadiri para wakil dekan  dan mahasiswa.

Menurut Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr.H.Abdul Kodir, MA, mengatakan pemberdayaan alumni FST sebetulnya  sudah lama berjalan tapi masih bersipat parsial sebab ditangani oleh tiap jurusan, sehingga hasilnya kurang maksimal.” Selama ini yang menangani para alumnus adalah tiap jurusan dan untuk tingkat fakultas  belum ada SOP yang menjadi rujukan bagi semua jurusan,” ungkap  Abdul Kodir  usai mengukuti workshop.

Abdul Kodir berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa merumuskan sistem dalam bentuk SOP baku ditingkat fakultas serta  terbentuk wadah  kepengurusan Ikatan Alumni tingkat Fakultas.” Dengan adanya  wadah IKA FST, maka, keberadaan dan kiprah para alumnus bisa terdeteksi dan komunikasi yang dibangun akan semakin mudah baik lewat website, media sosial (jejaring) sosial atau media lainnya.” tuturnya.

Kedepannya, sambung Dia, bagaimana memanpaatkan umpan balik atau masukan dari alumni terhadap almamaternya,sehingga bisa meningkatkan  penyempurnaan kurikulum, program, skill dan wirausaha.

Sementera itu, Ketua Jurusan Teknik Informatika FST H.Cecep Nurul Alam ,MT, mengungkapkan dengan workshop tersebut, bisa terbentuk Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Sains dan Teknologi yang kuat seperti perguruan tinggi lainya. Sehingga terbangun komunikasi dan koodinasi para alumnus baik dengan almamater maupun  adik kelasnya.” Diharapkan alumni FST yang sukses  bisa ikut membagi informasi serta membantu alumni muda dan  mahasiswa,  agar termotivasi dan bisa berkompetisi dengan alumni dari perguruan tinggi lainnya.[HR]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x