ASYIK! PENDAFTARAN UJIAN SELEKSI KOMPETENSI AKADEMIK PPG MADRASAH DITUTUP 21 MARET

(UINSGD.AC.ID)-Kementerian Agama saat ini tengah membuka pendaftaran peserta Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA-PPG) tahun 2023.

Direktur Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK) Madrasah M Zain mengingatkan bahwa proses pendaftaran akan ditutup pada 21 Maret 2023. Selanjutnya, ujian seleksinya akan digelar pada 24 – 26 Maret 2023.

“Sebentar lagi pendaftaran USKA-PPG bagi guru madrasah ditutup, tepatnya pada 21 Maret 2023. Kami juga telah melakukan pematangan soal melalui kegiatan Review dan Uji Publik Soal PPG Madrasah,” terang M Zain saat menutup Review dan Uji Publik Soal PPG Madrasah di Kediri, Sabtu (18/3/2023).

Kegiatan ini berlangsung tiga hari, 16 – 18 Maret 2023. Hadir, tim penyusun dan reviewer soal yang terdiri dari dosen dan guru besar dari berbagai perguruan tinggi. Zain mengapresiasi kerja tim penyusun dan reviewer selama enam bulan terakhir demi menghasilkan butir soal yang berkualitas.

Zain yakin, USKA – PPG Tahun 2023 akan menjaring guru-guru madrasah yang kompeten dan berdaya saing tinggi. “Dari catatan hasil review, beberapa mata pelajaran sudah hampir mendekati sempurna baik secara uji keterbacaan maupun tingkat kesulitannya,” ungkapnya.

“Saya juga berharap siapapun guru yang lulus dalam mengerjakan soal-soal USKA PPG 2023 adalah guru yang benar-benar merepresentasikan kualitas dan kompetensi guru abad 21. Karena PPG akan mendidik guru untuk menjadi seseorang yang terampil dengan berbagai kompetensi abad 21,” imbuhnya.

Subkoordinator Bina Guru MI dan MTs, Mustofa Fahmi menambahkan, berdasarkan data Simpatika, jumlah pendaftar USKA sampai saat ini mencapai 196.506 peserta. Fahmi memprediksi jumlahnya masih akan terus bertambah hingga 250.000 peserta.

“Teknis pelaksanaan USKA – PPG akan sedikit berbeda dengan tahun kemarin. Pada tahun ini USKA dilaksanakan secara serentak di semua tempat pelaksanaan pada waktu, sesi dan tanggal yang telah ditetapkan sesuai surat pengantar ujian seleksi akademik. Sehingga, guru harus datang ke Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang sudah dipilih dan tercetak di surat pengantar ujian,” jelasnya.

Fahmi mengajak guru yang memenuhi syarat untuk segera mendaftar USKA-PPG 2023 karena pada tahun ini kesempatan dibuka selebar-lebarnya.

“Siapa pun yang mendaftar USKA PPG tahun ini akan mengikuti ujian di tahun ini juga. Jadi tidak ada sistem kuota dalam pelaksanaan USKA PPG 2023 ini,” pungkasnya.

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter