Cetak Pemimpin Muda Berkualitas, UIN Sunan Gunung Djati Bandung Terima Kunjungan dari IAIN Palopo

UINSGD.AC.ID (Humas) — Wakil Rektor III, Prof. Dr. Husnul Qodim, S.Ag., M.A., CRCE. didampingi Ketua Tim Kerja Kemahasiswaan, H. Wawan Gunawan, S.Ag., MM., Ketua Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (Dema-U), Hamidudin Nasir menerima kunjungan dari IAIN Palopo bertajuk Mobility Leadership Training yang berlangsung di Gedung O. Djauharuddin AR, Kamis (22/8/2024).

Kunjungan IAIN Palopo ini dipimpin oleh Wakil Rektor III Dr Mustaming, MHI, Wakil Dekan III FUAD Hamdani Thaha MPdI, Wakil Dekan III Fakultas Syariah Muh. Darwis MAg dan Wakil Dekan III FTIK Dr Taqwan serta 23 orang mahasiswa.

Dalam sambutanya Wakil Rektor III IAIN Palopo, Dr. Mustaming, menjelaskan kunjungan ini sebagai ikhiar bersama menunjukkan komitmen kampus dalam mencetak pemimpin muda yang berkualitas. Melalui Mobility Leadership Training  bagi ketua Lembaga Kemahasiswaan IAIN Palopo dengan mengunjungi empat di Pulau Jawa: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dari tanggal 19-23 Agustus 2024.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan organisasi dan kelembagaan kemahasiswaan. “Saya atas nama pimpinan mengucapkan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat dari UIN Bandung, terutama atas kopinya dan berharap silaturahmi ini dapat terus menjalin sinergi positif, kolaboratif antara organisasi, kelembagaan mahasiswa. Alhamdulillah kami sebanyak 28 orang, yang hadir di UIN Bandung ini merupakan mahasiswa kami dari berbagai jurusan, dari Senat Mahasiswa, Dema Institut, Dema Fakultas, HMPS dan wakil dekan fakultas,” terangnya.

Tujuan diadakannya kunjungan ini merupakan pertama menjalin tali silaturahmi antar sesama instansi pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama.

“Kami ingin memperoleh wawasan dan pengetahuan yang nantinya bisa diaplikasikan di kampus kami yang memang masih dalam proses melakukan banyak perubahan-perubahan atas kebijakan terbaru kami, yang nantinya akan beralih menjadi Universitas. Dari 11 PTKIN yang beralih status itu, kami berada di urutan ke sembilan” ucapnya.

Prof Husnul menyambut hangat kedatangan rombongan mobility leadership training IAIN Palopo ini sangat penting untuk memperkuat kerja sama antar universitas, memperkenalkan dan mengembangkan minat bakat mahasiswa, meningkatkan organisasi kemahasiswaan di IAIN Palopo dan UIN Bandung.

“Selamat datang di Bandung, konon tanah pasundan dilahirkan ketika Tuhan sedang tersenyum. Ini bisa dilihat dan dirasakan ketika jalan-jalan, atau berkunjung ke Bandung. Saya merasa gembira atas kunjungan ini, mari kita sama-sama belajar, meningkatkan wawasan, pengetahuan, bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk terus meningkatkan kualitas diri, ormawa, pendidikan,” tandasnya.

UIN Bandung dan IAIN Palopo berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama dan saling berbagi pengalaman guna memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Sambil mengutip pernyataan Sekjen Kemenag, Prof. M. Ali Ramdhani menegaskan ciri masyarakat terpelajar itu terus belajar dan berinovasi guna memperkuat semangat dirinya sebagai pembelajar.

“Orang terpelajar adalah orang yang menatap masa lalu, tetapi orang yang belajar adalah orang yang menatap masa depan. Mari kita memposisikan dirinya sebagai pembelajar sepanjang masa melalui proses refleksi, berbagi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan IAIN Palopo,” tegasnya.

Diskusi santai antar DEMA Universitas UIN Bandung dengan IAIN Palopo menjadi penutup rangkaian mobility leadership training yang bertukar soal Unit Kegiatan Mahasiswa, kegiatan pengembangan mahasiswa, alur Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), penerimaan mahasiswa jalur prestasi.

 

 

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *