5 Tips Jitu Agar Jurnal Kamu Terindeks Scopus. Yuk Simak Baik-baik Ya!

Ilustrasi menulis jurnal/ foto u-report

UINSGD.AC.ID (Humas) — Busro, M.Ag., dosen Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung memberikan tips jitu untuk pengelola jurnal biar jurnal yang dikelola cepat terindeks scopus.

“Buat kamu yang sedang mengelola jurnal ilmiah dan ingin jurnalmu diakui secara internasional, terindeks di Scopus adalah salah satu pencapaian yang paling diidam-idamkan. Tapi, gimana sih caranya biar bisa masuk Scopus?,” ujar Ketua Sentra Pengelolaan Jurnal ini.

Yuk, simak 5 tips berikut ini!

1. Punya Kebijakan Editorial yang Mantap
Pastikan kebijakan editorial jurnalmu benar-benar kuat dan meyakinkan. “Mulai dari jenis peer review yang diterapkan, keunikan scope jurnalnya, hingga keragaman editor dan penulis yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Semakin beragam, semakin baik!,” jelasnya, Minggu (18/8/2024).

2. Konten yang Berkontribusi ke Ilmu Pengetahuan
Konten adalah raja! Pastikan artikel yang kamu terbitkan memberikan kontribusi nyata ke bidangnya. Selain itu, buat abstrak yang jelas dan gampang dipahami, dan pastikan artikelnya sesuai dengan tujuan dan cakupan jurnal. “Jangan lupa, pastikan artikelmu enak dibaca ya, enak dibaca itu bisa dari sisi bahasa bisa juga dari sisi tampilannya!,”

3. Reputasi Jurnal yang Baik
Artikel yang sering dikutip di artikel jurnal lain yang sudah terindeks Scopus tentu jadi nilai tambah buat jurnalmu. “Ditambah lagi, kalau editor jurnalmu punya pengalaman kepenulisanan yang baik, artinya memiliki histori karya ilmiah internasional sebelumnya dan jika dimungkinkan, wah, itu akan makin memperkuat posisi jurnalmu di mata penilai Scopus,” paparnya.

4. Tepat Waktu dalam Publikasi
Jangan sampai telat publikasi! Konsistensi dalam menerbitkan jurnal sesuai jadwal adalah kunci agar jurnalmu tetap dipercaya oleh para penulis dan pembaca.

5. Jurnal Tersedia Secara Online
Semua konten jurnal harus bisa diakses secara online. Hal ini penting biar jurnalmu bisa dilihat banyak orang. “Selain itu, pastikan juga halaman website jurnalmu tersedia dalam bahasa Inggris, mudah dinavigasi dan memiliki informasi yang lengkap. Tampilan yang profesional akan menarik lebih banyak pembaca!,” tuturnya.

Dengan mengikuti lima tips di atas, kamu akan selangkah lebih dekat untuk membawa jurnalmu terindeks di Scopus. Semangat mengelola jurnal!

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *