Syukur Kemerdekaan dengan Membangun Peradaban

(UINSGD.AC.ID)-Dalam pelaksanaan shalat jumat yang mulia ini, izinkan alkhatib menyampaikan khutbah dengan tema: Syukur Kemerdekaan Dengan Membangun Peradaban. Allah SWT menciptakan dan menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi dengan mengemban tugas besar yang hanya diamanahkan kepadanya, bukan kepada makhluk yang lain.

Sedari awal penciptaan manusia pertama, nabiyullah Adam alaihissalam, Allah telah menyampaikan maksud dan tujuan utama penciptaan manusia sebagai khalifah filardl, sebagaimana ditegaskan dalam surat Al Baqarah, ayat 30:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً

“Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”.

Dalam firman lain, surat Al Ahzab ayat 72, Allah menyatakan:

اِنَّا عَرَضْنَا الْاَمَانَةَ عَلَى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَالْجِبَالِ فَاَبَيْنَ اَنْ يَّحْمِلْنَهَا وَاَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْاِنْسَانُۗ اِنَّهٗ كَانَ ظَلُوْمًا جَهُوْلًا.

“Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung; tetapi semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir tidak akan mampu melaksanakannya (berat), lalu dipikullah amanat itu oleh manusia. Sungguh, manusia itu sangat zalim dan sangat bodoh”

Untuk mengetahui lebih lengkap Khutbah Jumat tentang Syukur Kemerdekaan dengan Membangun Peradaban oleh Prof. Dr. H. A. Rusdiana, Drs., MM., Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung silahkan kunjungi laman Naskah Khutbah Jumat ini


WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *