Meneladani Kiprah Para Pejuang Kemerdekaan RI

(UINSGD.AC.ID)-Sebuah nikmat yang tiada terhingga lantaran hingga siang ini kita diberikan kesehatan dan kekuatan, serta tentu saja keimanan untuk hadir menjalankan perintah shalat Jumat berjamaah. Hal ini termasuk sebagai bentuk perwujudan takwallah yaitu dengan menjalankan perintah dan menjauhi yang dilarang. Marilah aneka nikmat tersebut kita syukuri dengan harapan kadarnya akan ditambah oleh Allah SWT.

Sungguh tak terasa Saat ini sudah memasuki awal bulan Agustus, bangsa Indonesia memiliki persiapan lebih karena akan memperingati kemerdekaan. Tahun ini yakni 2023, peringatan kemerdekaan memasuki tahun ke-78 dengan beragam keceriaan dan kekhasannya. Poin yang tak kalah penting dalam surat edaran Menteri Sekretaris Negara, tentang pengibaran Bendera Merah Putih yang harus dilakukan mulai dari 1 Agustus 2023. “Mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1 s.d. 31 Agustus 2023,” tulis Menteri Sekretaris Negara dalam surat edaran, dikutip Senin (31/7/2023).

Menyonsong peringatan hari kemerdekaan juga memberikan pesan untuk meneladani dan menghargai para pahlawan yang mempertaruhkan segala hal. Sama seperti para nabi yang turut mengajarkan nilai luhur tersebut kepada umatnya. Karenanya, ada banyak manfaat yang bisa diambil dari peringatan kemerdekaan kali ini. Yakni antara lain meneladani kiprah dan kerja keras yang dilakukan para nabi zaman dahulu.

Untuk mengetahui lebih lengkap Khutbah Jumat tentang Meneladani Kiprah Para Pejuang Kemerdekaan RI oleh Prof. Dr. H. A. Rusdiana, Drs., MM., Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung silahkan kunjungi laman Naskah Khutbah Jumat ini

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *