INI CARA RUMAH JURNAL UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG TINGKATKAN PUBLIKASI

(UINSGD.AC.ID)-Tim Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terdiri dari Sentra Hak Kekayaan Intelektual, Hamdan Sugilar, M.Pd, Sentra Publikasi, Ferli Septi Irwansyah, M.Si., Sentra Kelas Penulisan, Dian Sa’adilah Maylawati, MT., Ph.D., Sentra Jurnal, Busro, S.Ud., M.Ag., Sentra Sinta, Ali Rahman, ST., M.Kom., Tenaga Kependidikan, Widodo Dwi Ismail Aziz, tampil menjadi narasumber Roadshow Sosialisasi dan Silaturahmi ke 9 Fakultas dan Pascasarjana selama dua bulan, sejak Januari-Februari 2023.

Kepala Pusat Penelitian, Dr. Deni Miharja, M.Ag. menyampaikan, “Alhamdulillah, kegiatan yang dilakukan oleh Rumah Jurnal dalam rangka meningkatkan capaian dalam bidang jurnal terakreditasi, publikasi, HKI, dan Paten telah dilaksanakan oleh tim Rumah Jurnal dengan mengadakan roadshow ke beberapa pengelola Jurnal yang ada di Fakultas dan Prodi. Tentu, kegiatan yang dilakukan ini merupakan tanggungjawab bersama segenap pemangku kebijakan dan juga sebagai bukti kecintaan terhadap almamater dalam meningkatkan daya saing perguruan tinggi di level nasional maupun internasional,” tuturnya.

Dengan adanya roadshow yang dilakukan oleh tim Rumah Jurnal memberikan gambaran bahwa kita ingin membangun kerja bersama dan sama-sama kerja dalam meningkatkan reputasi kampus yang tercinta ini.

LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung bersama Rumah Jurnal akan selalu mengawal dan menginisiasi berbagai program kegiatan terkait peningkatan capaian jurnal terakreditasi, publikasi ilmiah, HKI dan Paten. “Mudah-mudahan ikhtiar bersama ini membuahkan hasil untuk meningkatkan daya saing UIN Sunan Gunung Djati Bandung di tingkat Nasional dan Internasional,” ujarnya.

Koordinator Rumah Jurnal, Hamdan Sugilar, M.Pd menjelaskan roadshow pada bulan Februari pertama dilakukan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), sosialisasi dan silaturahim agenda Rumah Jurnal berlangsung di Aula FDK, Selasa, (01/2/2023).

Dihadiri para pengelola jurnal di Fakultas, dalam rangka menginformasikan keadaan jurnal yang ada di tiap-tiap Fakultas/Unit. Sebanyak 10 jurnal dimiliki Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan 6 diantaranya sudah terakreditasi. “Untuk pendampingan menulis atau publikasi, dari Fakultas belum ada perwakilannya, sehingga diharapkan pada kegiatan selanjutnya ada perwakilan yang di utus dari fakultas,” paparnya.

Mengenai sosialisasi dan silaturahim agenda Rumah Jurnal dengan Fakultas Psikologi berlangsung di ruang rapat Fakultas, Selasa, (3/2/2023).

Hadir Dekan Psikologi, Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi. dan para pengelola jurnal di Fakultas. Dekan menyampaikan terimakasih atas kunjungannya dan meminta dari rumah jurnal untuk mendampingi pengelola jurnal di fakultas terutama yang akan reakreditasi.

“Ada 3 jurnal dimiliki Fakultas Psikolgi 2 diantaranya sudah terakreditasi dan satu lagi sudah siap diajukan untuk akreditasi,” ujarnya.

Pada hari Senin, (13/2/2023) jam 13.00 WIB Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan sosialisasi dan silaturahim agenda Rumah Jurnal di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) yang dilaksanakan di Aula FST. Hadir pula Dekan, Wakil Dekan I dan II serta para pengelola jurnal di fakultas.

Dekan FST, Dr Hasniah Aliyah MSi menyampaikan kita fokus pada pengelolaan jurnal yang ada, “untuk meningkatkan kualitas jurnal, sehingga bisa menaikan level jurnal tersebut. Kaluapun ada jurnal yang tidak aktif lagi lebih baik kita fokus pada kualitas bukan kuantitas,” tandasnya.

Sebanyak 8 jurnal dimiliki Fakultas Sains dan Teknologi dan 6 diantaranya sudah terakreditasi. “Untuk pendampingan menulis atau publikasi, dari Fakultas Sains dan Teknologi sudah ada dan cukup kita upayakan bagi Fakultas yang masih sedikit dan belum memiliki pendamping,” tuturnya.

Untuk di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), sosialisasi dan silaturahim agenda Rumah Jurnal berlangsung di Aula FISIP, Selasa (14/2/2023) jam 09.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Dekan I dan para pengelola jurnal di fakultas. “Sebanyak 8 jurnal dimiliki FISIP dan 6 diantaranya sudah terakreditasi. Untuk pendampingan menulis atau publikasi, dari FISIP sudah ada perwakilan dan kita upayakan supaya ada tambahan,” ujarnya.

Pada Senin, 20 Februari 2023 Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan sosialisasi dan silaturahim agenda Rumah Jurnal di dua Fakultas. Pagi dari jam 09.00-12.00 WIB di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) dan 13.00 – 15.30 WIB di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Untuk di FAH dilaksanakan di ruang rapat Fakultas dan dihadiri oleh Dekan dan para pengelola jurnal. Dekan FAH, Dr Setia Gumilar menyampaikan agar komunikasi pengelola jurnal di Fakultas dengan Pengelola Rumah jurnal berjalan dengan baik, “Tentunya supaya setiap informasi yang ada dan dibutuhkan dapat diakses dengan baik. Fakultas Adab dan Humaniora memiliki 7 jurnal dan 3 jurnal sudah terakreditasi,” paparnya.

Sedangkan di FEBI berlangsung di ruang rapat yang di hadiri Wakil Dekan I dan II dan para pengelola jurnal. Wakil Dekan I, Dr Deni Y Kamaluddin menyebutkan “kalua jurnal yang ada di fakultas dapat anggaran dalam pengelolaannya dan akan kami upayakan reward bagi jurnal yang berprestasi. Di FEBI sendiri ada 8 jurnal dan baru 2 yang terakreditasi,” ujarnya.

“Ini sudah menjadi komitmen yang besar dari jajaran pimpinan bahwa kampus kita concern pada kegiatan-kegiatan ilmiah sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi,” jelasnya.

Menurutnya, pengelolan Jurnal adalah tanpa batas, artinya tanpa batas waktu, pengelola memikirkan terbit tepat waktu, pengelola jurnal setiap waktu melayani penulis dan lainnya. “Pengelola jurnal itu seperti pelayan yang melayani penulis agar terbit dengan kualitas yang baik dan melayani pembaca agar mendapatkan pengetahuan yang bermutu,” pungkasnya.

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *