id Indonesian

2.988 Mahasiswa UIN Gelar KKM di Tiga Kabupaten

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 2.988 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung mulai 28 Januari 2015 mendatang akan mengikuti Kuliah Kerjanyata Mahasiswa (KKM) sebagai salah satu bagian sistem akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa strata- (S1) khususnya semester VII.

Demikian disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SGD Bandung, Dr. H. Syukriadi Sambas., M.Si saat ditemui galamedianews.com di Gedung Lecture Hall kampus UIN SGD Bandung jalan A.H. Nasution Bandung, Rabu (22/1/2015).

Menurut Syukriadi, ada tiga kabupaten yang menjadi sasaran KKM tahun ini, yakni Kab. Garut, Tasikmalaya dan Kab. Ciamis. Sedangkan tujuan KKM tak lain untuk meningkatkan pemahaman, pengembangan Islam, lembaga pranata sosial serta sarana keagamaan lainnya, serta memperhatikan kearifan lokal serta memanfaatkan potensi dan sumber daya daerah yang memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

Selain itu, lanjut Syukriadi, kegiatan KKM juga untuk mendorong pengembangan dan pemberdayaan diri mahasiswa agar berperan menjadi motivator, fasilitator, problem solvers dan konsultan yang profesional berlandaskan kesadaran pengabdian pada masyarakat.

Sementara panitia pelaksana teknis KKM 2015, H. Undang Achmad Kamaludin menyatakan, agenda KKM telah berlangsung pendaftaran sejak 12 s.d. 16 Januari 2015, dimana pembagian kelompok 20 Januari, dan pemberangkatan tanggal 28-30 Januari.

“Pemberangkatan akan dilakukan tiga gelombang, karena menghindari macet, seperti yang terjadi pada pemberangkatan KKM sebelumnya. Hal ini, berdasarkan dari tujuan tempat yang sejalur, yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis,” kata Undang.

Masih menurut Undang, pemilihan bulan Januarikarena tidak mungkin KKM dilaksanakan awal atau tengah periode antara bulan Juni atau Agustus karena peserta yang ikut akan membludak.

“Tidak mungkin kampus memfasilitasi mahasiswa sebanyak itu,” katanya. [A. R. Rochim]

Galamedia, 23 Januari 2015

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Tinggalkan Pesanx
()
x