Rektor Buka Library User Education 2023: Aktivitas Mahasiswa itu Membaca

(UINSGD.AC.ID) — Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag membuka Library User Education yang diikuti oleh 7.406 mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 di Perpustakaan Lantai IV, Senin (11/9/2023).

Library User Education diselenggarakan dari tanggal 11-22 September 2023. Setiap harinya dilakukan tiga sesi dengan jumlah per sesi 200 mahasiswa baru.

Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan bagian integral dari kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di perguruan tinggi (SNP Perguruan Tinggi, 2017:5).

Dalam sambutannya, Prof. Rosihon mengapresiasi kinerja kerja perpustakaan yang meraih akreditasi A, “Ini menjadi salah satu ikhtiar untuk meraih keridhoan Allah SWT, menjadi sarana perolehan kesalehan akademik. Ukurannya tidak selalu materi, koin, honor, uang. Walaupun itu penting, tetapi yang lebih penting poin, pahala dari Allah SWT,” tegasnya.

Prof Rosihon menegaskan pentingnya perkuliahan, membaca sebagai jendela ilmu. “Kuliah bukan rutinitas, tapi jadikan sebagai bagian dari ibadah. Setiap langkah jadi pahala, kita tanamkan dalam diri untuk terus membaca sebagai proses pembelajaran yang berusaha dalam rangka mencerdaskan diri, agar bermanfaat untuk diri, orang lain. Jangan malas membaca karena aktivitas mahasiswa itu membaca,” jelasnya

Diakuinya, krisis literasi di Tanah Air menjadi masalah serius. Sambil mengutip hasil riset World’s Most Literate Nations Ranked pada 2016 menempatkan Indonesia di peringkat ke-60 dari 61 negara dalam urusan minat baca. Beragam persoalan, seperti minimnya sumber bacaan, kurangnya pustakawan, buruknya fasilitas perpustakaan, dan belum optimalnya budaya membaca, menjadi benang kusut yang harus segera diurai. (Kompas, 12 April 2023).

Padahal perintah pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW. adalah Iqro, membaca dalam Quran Surat Al-‘Alaq ayat 1-5. “Ini harus menjadi motivasi, aktivitas membaca. Beri target 1 minggu atau 1 bulan untuk 1 buku yang dibaca, setelah itu ditulis. Baru pada tahap berikutnya aktivitas membaca terus ditingkatkan seperti pengalaman saya saat ke Jepang dan Iran aktivitas membaca menjadi kebutuhan dan penting untuk meningkatkan kualitas diri, sesuai janji Allah SWT pasti ditinggikan derajatnya. Caranya dengan terus berkunjung ke Perpus atau melakukan aktivitas membaca, baik langsung atau e-book dari koleksi Perpustakaan untuk menunjang proses perkuliahan,” pesannya.

Kepala Perpustakaan, Dr. H. Opik Taupik Kurahman, M.Ag menuturkan pada masa ini Perpustakaan tidak hanya bertugas untuk mengelola koleksi karya tulis, karya cetak, akan tetapi mengelola karya non cetak dalam bentuk digital (elektronik) untuk memenuhi fungsi perpustakaan yaitu pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi pemustaka.

Setiap tahun akademik baru jumlah pemustaka terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah mahasiswa baru yang secara otomatis menjadi anggota perpustakaan. Penerimaan jumlah mahasiswa baru yang mencapai jumlah lebih dari tujuh ribu mahasiswa setiap tahunnya dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun, membuat perpustakaan sebagai sebuah pusat informasi harus melakukan user education dan pengenalan perpustakaan kepada para anggota baru tersebut secara intensif sebagai langkah promosi memperkenalkan perpustakaan.

“Kegiatan user education ini sangat penting untuk mengenalkan Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung kepada para pemustaka terutama kepada mahasiswa baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun Akademik 2023-2024 sebagai anggota baru perpustakaan dan memberi arahan serta penjelasan mengenai seperti apa layanan dan fasilitas di Pusat Perpustakaan,” paparnya.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan user education ini: Pertama, Mengenalkan perpustakaan kepada anggota, mahasiswa baru; Kedua, Meningkatkan citra perpustakaan kepada pemustaka; Ketiga, Meningkatkan pemanfaatan perpustakaan oleh pemustaka; Keempat, Mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan perpustakaan; Kelima, Meningkatkan indeks literasi dan minat baca masyarakat Indonesia.

Dengan harapan dapat meningkatnya kualitas layanan perpustakaan; Meningkatnya citra perpustakaan dimata pemustaka; Menambah pengetahuan dan tingkat literasi mahasiswa, anggota baru tentang perpustakaan dan jenis layanan yang ada didalamnya.

“Setiap harinya dibagi menjadi 3 sesi per sesinya 200 peserta. Insya Allah tidak akan bersamaan dengan perkuliahan, karena mahasiswa dapat memilih jadwal masing-masing. Saya dan kawan-kawan Perpustakaan merasa bahagia karena Pa Rektor bisa hadir dan membuka acara Library User Education. Ini menjadi perhatian dan salah satu bukti Pa Rektor untuk meningkatkan layanan Perpustakaan,” terangnya.

Selain itu, mahasiswa yang hadir pada sesi awal ini ikut merasa kebahagiaan yang luar biasa. “Karena bisa bertemu langsung dengan Pa Rektor dan mendengarkan pesan, arahan, bimbingan tentang pentingnya membaca, aktivitas mahasiswa yang luar biasa, koleksi perpustakaan yang mencapai ratusan ribu jurnal dan buku, bisa dibaca dari langganan koleksi digital Perpustakaan,” tuturnya.

Dengan adanya pendidikan awal untuk mengenalkan layanan yang ada di perpustakaan baik yang fisik dan digital. Pengenalan difokuskan pada sarana sarana fisik yang diakses langsung oleh user dan pengenalan secara sekilas mengenai layanan-layanan digital.

“Besar harapan kami, sesuai arahan, bimbingan dari Pa Rektor, mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat, berjalan dengan lancar dan dapat mencapai target sesuai yang telah direncanakan,” pungkasnya.

Pembukaan Library User Education ini dihadiri oleh Sekretaris Perpustakaan, Drs. Anas Salahudin, M.Pd., Ketua Pelaksana, Yoyo, S.H.I, Wakil Ketua, Eded Sudirman, Sekretaris, Rara Deskianata Putri K, Anggota : Wahyudin, Andi Ruswandi, Ali Sadikin, Abung S, Asep Saepulloh, Iis Nia Kurniawati.

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *