UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Klinik

Dr. Adon N. Jamaludin, M.Ag

Salah satu tujuan pembangunan nasional adalah memajukan kesejahteraan bangsa. Ini berarti terpenuhinya kebutuhan dasar manusia seperti pangan, sandang, papan, pendidikan dan kesehatan. Kesehatan merupakan salah satu bagian dari beberapa kebutuhan dasar manusia, mutlak diperlukan oleh siapapun. Dengan demikian kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan social dan ekonomi. Untuk itu diperlukan pemeliharaan kesehatan secara terus menerus agar tetap terjaga dengan baik.

Pemeliharaan kesehatan merupakan milik setiap orang. Maka diperlukan pengetahuan yang berkaitan dengan kesehatan, baik upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan, maupun hal yang berkaitan dengan pemerikasaan, pengobatan serta perawatan. Terkadang manusia hanya ingin tahu tentang penyakit yang ada dalam dirinya serta obat apa yang tepat untuk penyembuhannya. Tetapi sedikit sekali yang mengerti kaitannya dengan cara pencegahannya. Sehingga ada pepatah pencegahan lebih baik dari pengobatan. Oleh karena itu diperlukan sarana sekaligus pelayanan kesehatan bagi setiap orang.

Sarana dan pelayanan kesehatan adalah proses membantu seseorang, baik yang berkaitan dengan fasilitas serta informasi, dengan bertindak secara sendiri-sendiri ataupun secara kolektif, untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang memengaruhi kesehatan pribadinya dan orang lain. Untuk menunjang hal ini, maka lembaga Perguruan Tinggi memiliki peran memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sekitar lingkungannya (terutama para mahasiswa) sekaligus memiliki kewenangan untuk mendirikan sarana yang menunjang pelayanan kesehatan tersebut.

Mendirikan sarana kesehatan terutama berbentuk Klinik merupakan perwujudan salah satu dari misi Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama bidang pendidikan. Hal ini berkaitan dengan pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi secara langsung sekaligus menjadi penyedia layanan kesehatan yang representative bagi mahasiswa. Pelayanan kesehatan yang optimal yang bersifat preventif dan kuratif bagi mahasiswa dan keluarga besar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung merupakan misi dari Klinik demi terciptanya komunitas kampus yang sehat baik secara jasmani dan ruhani.

Tujuan Umum Poliklinik

Tujuan umum didirikannya Klinik Pratama UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dalam rangka memberikan pelayanan yang prima dan optimal tentang penyelenggaraan kesehatan yang integrative dan komprehensif bagi civitas akademika baik mahasiswa, dosen serta karyawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Adapun tujuan khususnya didirikannya Klinik Pratama UIN Sunan Gunung Djati Bandung, adalah:

1. Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan baik jasmani maupun rohani, khususnya dilingkungan kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

2. Mengelola dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara komprehensif (prefentif, kuratif, rehabilitatif) bagi seluruh civitas akademik dan keluarga besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

3. Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar baik untuk pasien umum maupun BPJS secara professional sebagai wujud aktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.