Pendidikan karakter bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal mana yang baik, sehingga peserta didik menjadi paham (kognitif) tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik dan biasa melakukannya (psikomotor).
Pendidikan karakter dikembangkan melalui tahap pengetahuan (knowing), pelaksanaan (acting), dan kebiasaan (habit) karena karakter tidak terbatas pada pengetahuan saja. Karakter menjangkau wilayah emosi dan kebiasaan diri. Dengan demikian proses pendidikan karakter di sekolah diperlukan tiga komponen karakter yang baik (components of good character) yaitu moral knowing (pengetahuan tentang moral), moral feeling atau perasaan (penguatan emosi) tentang moral, dan moral action atau perbuatan bermoral. Hal ini diperlukan agar peserta didik dan warga sekolah lain dapat memahami, merasakan, menghayati, dan mengamalkan (mengerjakan) nilai-nilai kebajikan (moral).
Secara umum pembahasan dalam buku ini terkait dengan:
1. Konsep pendidikan karakter
2. Fitrah dan kepribadian manusia
3. Metode dan pendekatan dalam implementasi pendidikan karakter
4. Pengembangan kurikulum dalam implementasi pendidikan karakter
5. Kepemimpinan kepala sekolah dalam menyukseskan implmentasi pendidikan karakter
6. Strategi dalam menyukseskan implementasi pendidikan karakter
7. Implementasi pendidikan karakter secara terintegrasi dalam pembelajaran
8. Implementasi pendidikan karakter dalam manajemen sekolah
9. Implementasi pendidikan karakter melalui integrasi dalam pembinaan kesiswaan
10. Pengembangan silabus pembelajaran dalam implementasi pendidikan berkarakter
11. Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi pendidikan berkarakter
————————————— ***** ————————————
“Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting (urgen) dan sentral dalam menanamkan, mentransformasikan dan menumbuh-kembangkan karakter positif siswa, serta mengubah watak yang tidak baik menjadi baik…. Buku ini dikemas dalam bahasa yang apik dan uraian yang runtut ini, menjadikan buku ini terkesan enak dibaca dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan.”
Prof. Dr. H. Mahmud M.Si, Guru Besar Sosiologi Pendidikan, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung.
“Pendidikan karakter menjadi momentum dalam rangka mengembangkan pendidikan Islam secara lebih luas, karena pada hakikatnya pendidikan karakter adalah bagian penting dari upaya menanamkan pendidikan akhlak. Buku ini dapat membantu Anda dalam upaya menyukseskan pendidikan akhlak.”
Prof. Dr. H. Supiana, M.Ag. Guru Besar Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung.
Judul: Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi
Penulis: Heri Gunawan
Cetakan : 1
Tahun : Maret 2012
Penerbit : Al-Fabeta
ISBN