Manajemen Pelayanan Haji di Indonesia

Penyelenggaraan ibadat haji merupakan salah satu icon Departemen Agama. Bagi sebagian orang, keberhasilan kinerja Departemen Agama kerap hanya diukur sejauh mana departemen ini sukses menyelenggarakan pengelolaan ibadat tahunan tersebut. Bila dianggap gagal maka dapat dipastikan ratusan jari telunjuk menuding Departemen Agama.

Cara pandang tersebut tentu tidak benar, tetapi juga tidak bisa disalahkan. Bagaimana pun orang akan lebih mudah mengetahui kinerja Departemen Agama dari penyelenggaraan haji. Alasannya: Pertama, kegiatannya dilakukan rutin setahun sekali dengan waktu dan lokasi tertentu. Kedua, kegiatannya bersifat masif melibatkan banyak pihak, bersifat lintas departemen dan swasta. Ketiga, melibatkan jumlah anggaran yang sangat besar. Tiga alasan tersebut sudah cukup menjadikan Departemen Agama sebagai sasaran kritik banyak pihak.

Judul        : Manajemen Pelayanan Haji di Indonesia
Pengarang/Penulis:          Imam Syaukani (Editor)
Penerbit:          Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama
Tanggal Terbit:2009         
Bahasa:          Indonesia

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *