UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Akreditasi untuk Kaum Millenial

Akreditasi adalah pengukuran pemerintah untuk lembaga pendidikan termasuk pendidikan tinggi. Akreditasi penting untuk mahasiswa, orang tua, dan lembaga pendidikan itu sendiri untuk meningkatkan standar dirinya.

Baru saja UIN SGD, sebagai institusi pendidikan tinggi, meraih akreditasi A. Ini sungguh menggembirakan karena akreditasi A itu merupakan pengukuran nilai unggul. Selamat untuk seluruh warga UIN SGD.

Ada banyak faktor mengapa lembaga mendapat nilai unggul. Antara lain yang utama motivasi, pengelolaan, dan kepemimpinan.

Seperti kita ketahui, UIN SGD mempunyai cita-cita mulia. Yaitu menjadi universitas yang unggul. Cita-cita itu motivasi yang memberikan energi untuk tidak berhenti ihtiyar.

Sudah menjadi tugas universitas untuk menggali segala potensi, meningkatkan sumber daya ilmu pengetahuan, mencatat berbagai prestasi, dan menggulirkan prakarsa-prakarsa yang berkualitas dalam menyikapi banyak peluang. Semua itu menjadi satu tarikan nafas pengelolaan universitas dalam mewujudkan keunggulan.

Tidak boleh dilupakan, pemimpin universitas merupakan kunci utama. Pemimpin berperan menjadi penggerak, fungsi kontrol, dan penentu kendali roda sistem universitas. Pemimpin universitas lazim disebut pula manager akademik atau yang umum dipanggil rektor.

Struktur manager akademik meliputi rektor, dekan, dan ketua prodi. Semua itu penggerak akreditasi dan keunggulan. Sebagai bentuk pelayanan untuk mahasiswa, orang tua, dan masyarakat secara luas.

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (LP2M) UIN SGD Bandung