Sebuah perguruan tinggi (universitas) yang unggul diantara salah satu aspek pertimbangannya yaitu banyaknya jumlah lulusan yang telah tersalurkan di dunia kerja. Apalagi zaman sekarang yang memasuki era revolusi industri 4.0, lulusan perguruan tinggi dituntut untuk mempunyai kemampuan lebih.

Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa HRD di beberapa perusahaan bahwa yang pertama kali menjadi kriteria dalam perekrutan fresh graduated bukan nilai IPK, melainkan kemampuan lain yang mendukung nilai akademik, yaitu kemampuan pengembangan diri (soft skill). Merujuk pada Future of Jobs Report (World Economic Forum), bahwa di tahun 2020 akan membutuhkan SDM yang mempunyai kemampuan sebagai berikut:

  1. Complex Problem Solving;
  2. Critical Thinking;
  3. Creativity;
  4. People Management;
  5. Coordinating with Others;
  6. Emotional Intelligence;
  7. Judgment and Decision Making;
  8. Service Orientation;
  9. Negotiation;
  10. Cognitive Flexibility.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, UIN SGD telah melakukan perubahan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang sekarang sedang mengarah pada Revolusi Industri 4.0 diantara bertujuan untuk mewujudkan mutu dan jati diri bangsa Indonesia dalam sistem pendidikan, pelatihan serta sistem pengakuan kompetensi kerja secara nasional dan internasional.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka didirikanlah sebuah unit baru yaitu UPT Pusat Karier UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang bertujuan untuk:

  1. Menjadi lembaga yang professional dalam bidang pengembangan karir alumnni;
  2. Mengintegrasikan penyaluran alumni yang sebelumnya merupakan kewenangan setiap prodi;
  3. Menjadi jembatan antara Alumni atau Mahasiswa dengan Users (perusahaan/instansi);
  4. Memfasilitasi alumni untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan potensinya;
  5. Memfasilitasi perusahaan mendapatkan calon tenaga kerja sesuai kebutuhan (campus hiring);
  6. Memberikan soft skill kepada mahasiswa tingkat akhir dan alumni. 

Selain tujuan-tujuan tersebut, didirikannya unit Pusat Karier ini memberikan banyak manfaat baik bagi institusi, alumni dan mahasiswa. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya yaitu:

  1. Bagi Institusi
  2. Membantu dalam mewujudkan visi dan misi serta program kerja universitas;
  3. Membantu dalam penilaian akreditasi institusidan prodi;
  4. Membantu institusi dan prodi dalam melakukan tracer study.
  5. Bagi Alumni dan Mahasiswa
  6. Menjadi fasilitator alumni dan mahasiswa dengan user (perusahaan atau instansi);
  7. Menjadi fasilitator pengembangan soft skill alumni dan mahasiswa.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Karier UIN Sunan Gunung Djati Bandung terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 122/Un.05/II.2/KP.07.6/07/2018 tentang Pembentukan dan Pengangkatan Personalia Unit Pelaksana Tenis Pusat Karir  UIN Sunan Gunung Djati Bandung tertanggal 11 Juli 2018. Komposisi kepengurusan adalah sebagai berikut:

1. Dr. Betty Tresnawaty, S.Sos, M.I,Kom sebagai Kepala Pusat Karier;

2. Muhamad Kholid, S.H.,M.H. sebagai Sekretaris;

3. Nur’aini Azizah, M.A. sebagai Anggota;

4. Muh Deden Firdaus, S.T. sebagai Anggota.

UPT Pusat Karier mempunyai Visi dan Misi sebagai berikut:

  1. Visi

Menjadi pusat informasi, pengembangan diri, dan pelayanan rekrutmen di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

  • Misi
  • Membangun unit yang mengedepankan profesionalisme, saling menghargai, dan beretika (berakhlakul karimah);
  • Memberikan informasi rekrutmen yang efektif dan solutif kepada alumni dan perusahaan;
  • Memberikan dukungan pada fakultas dan universitas dalam mengembangkan karir mahasiswa dan alumni, serta kerja sama dengan dunia industri.  

Intinya UPT Pusat Karier ini menjadi jembatan antara alumni dan users , serta berusaha untuk mempersiapkan mahasiswa kita agar siap bersaing di dunia kerja. Semuanya itu terwujud dalam kegiatan-kegiatan Pusat Karier, diantaranya yaitu: Seminar persiapan karier, bimbingan karier, career days, tracer study, survey kepuasan users, company gathering dan alumni gathering, campus hiring, dan lain sebagainya.

Sejak Juli 2018 hingga saat ini Agustus 2020, Pusat Karier telah melaksakan tidak kurang dari 14 kegiatan, diantaranya kegiatan utamanya berupa career days (job fair dan expo) sebanyak 2 (dua) kali, tracer study, seminar-seminar persiapan karier, campus hiring dari beberapa bank dan Mabes TNI yang berhasil menjaring 20 alumni menjadi perwira TNI di tahun 2019 lalu.

Berikut beberapa foto kegiatannya:

Crew Pusat Karier dibantu oleh para alumni dalam pelaksanaan kegiatan career days

Para alumni yang mengikuti seleksi Perwira TNI bulan Agustus 2019