id Indonesian

Dakwah dan Komunikasi

Visi dan Misi

Visi Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Menjadi fakultas yang inovatif, efektif, dinamis, unggul, dan kompetitif, dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi dakwah dan komunikasi  pada tahun 2029 di Asia Tenggara.

1)  Inovatif mengandung makna terus berkreasi untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik dalam produk karya ilmiah maupun dalam model pengembangan penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

2)  Efektif mengandung makna (a) memiliki visi-misi-sasaran dan tujuan yang jelas, (b) memiliki kurikulum, startegi penyelenggaraan pendidikan, dan proses belajar mengajar yang baik, (c) mampu berinteraksi baik secara internal maupun eksternal, (d) mampu menghasilkan lulusan yang bermutu, dan (e) mampu meningkatkan kesejahteraan warga fakultas (dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan).

3)  Dinamis mengandung makna semua unit/komponen bergerak (hidup), semua betul-betul berarti, tak ada yang keberadaannya jadi percuma, apalagi sia-sia.

4)  Unggul mengandung makna memiliki mutu dan kemajuan-kemajuan lebih diantara fakultas-fakultas sejenis.

5)  Kompetitif mengandung makna memiliki kesejajaran dengan fakultas-fakultas lain, berdaya saing, dan diperhitungkan.

Misi Fakultas Dakwah dan Komunikasi

1)  Melakukan studi-studi baru tentang dakwah dan komunikasi, baik sebagai ilmu maupun sebagai gejala aktivitas manusia, untuk merumuskan konsep-konsep baru pada bidang dakwah dan komunikasi profetik.

2)  Melakukan studi dan atau riset tentang dakwah dan komunikasi untuk menemukan relevansi dan nilai daya guna dakwah dan komunikasi profetik.

3)  Menyiapkan sumberdaya kader da’i profesional yang memiliki keunggulan kompetitif dengan basis kompetensi dakwah dan komunikasi profetik.

4)  Menyiapkan tenaga ahli dalam bidang dakwah dan komunikasi yang berakhlak mulia untuk menjadi warga negara yang berkualitas dan mandiri serta mampu menemukan, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi dakwah dan komunikasi dalam kehidupan nyata di masyarakat.

5)  Menyelenggarakan pengabadian pada masyarakat dengan mengembangkan kerjasama kemitraan dalam bidang dakwah, komunikasi, riset, dan pengembangan sumberdaya manusia.