UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Workshop Peningkatan Mutu Program Studi

[www.uinsgd.ac.id] Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung, Dr Ah Fathoni, M.Ag punya cita-cita besar dalam mengelola fakultas empat tahun ke depan. Ia tidak mau terjebak pada hal-hal yang bersifat formalitas dan rutinitas, tetapi kebermaknaan FSH akan lebih diperjelas agar hasilnya dapat memberikan kepuasan bagi mahasiswa, dosen, dan stakeholder.

“Dalam kepemimpinan saya harus ada peningkatan yang signifikan, baik dalam pelayanan administrasi maupun akademik, sehingga mampu menghasilkan output yang bisa diterima stakeholder,” tegas Dr Ah Fathoni, saat membuka Workshop “Peningkatan Mutu Program Studi” FSH, di Aula FSH UIN SGD Bandung, Kamis (12/11/15).

Workshop yang bertemakan “Strategi Peningkatan Mutu Program Studi Berbasis Riset” ini diikuti oleh unsur pimpinan, para ketua dan sekretaris jurusan,  pengelola administrasi, unsur lembaga penunjang: LBKH, PKSHK, Jurnal, PPKID, SIMAK, Laboratorium, pengelola akademik, dan perpustakaan.  Narasumber dihadirkan dari Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Dr Susari, MA.

Perubahan yang signikan, lanjut Dekan, ditandai dengan adanya peningkatan dan penguatan kelembagaan, baik di level fakultas maupun program studi. Juga adanya peningkatan di segi pelayanan akademik, terutama para dosen jangan sampai ada yang tidak hadir/mengajar. “Saya pun akan mendorong para dosen agar meningkatkan studi lebih lanjut ke S3. Dari 113 dosen, yang bergelar doktornya baru 39 orang,  ditambah 11 profesor,” katanya.

Dekan juga punya obsesi, akan meningkatkan lagi jejaring (network) dengan dunia luar. Ini penting untuk memperluas jaringan kemitraan dan kerjasama dalam rangka pengembangan dan penguatan akademik, memperluas pengabdian kepada masyarakat dan mengefisiensikan penelitian. “Kita jangan jago kandang! Para dosen selain punya kemampuan mengajar, silakan memperluas kiprahnya di luar,” jelas Dekan. [Nank]