UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Wisuda Ke-57; FISIP UIN SGD Bandung Gagas Tradisi Lepas Alumni

[www.uinsgd.ac.id] Ada Pemandangan yang berbeda dalam Wisuda yang ke -57, Sabtu (16/3) di Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung yaitu acara “pelepasan Alumni”. Sebab, dalam kurun waktu 56 tahun sejak berdirinya  perguruan tinggi ini, belum pernah di gelar “ Peturai Tineung” dengan para alumni UIN SGD Bandung.

Acara pelepasan alumni digagas oleh civitas  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan Dekan Dr.Sahya Anggara, M.Si. Keberadaan tradisi pelepasan alumni  patut dijadikan contoh bagi Fakultas lain.

Pelepasan alumni di iringi music sunda degung  tak ubahnya mirip acara sungkeman anak kepada orang tuanya ketika  acara pernikahan.Ketika Sungkeman, suasana  haru  diwarnai  tetesan dan deraian airmata  membasahi pipi para mahasiswa dan orang tuanya.

“Saking tak tahan, saya meneteskan air mata, ketika sungkeman kepada  kedua orang tua, yang telah berjasa menjadikan saya bisa menggapai satu tahapan dalam hidup saya, “ ungkap Fitri salah seorang wisudawati.

Dekan Fisip UIN, Dr.Sahya Anggara, M.Si, mengatakan, ikatan dan hubungan silatruhmi harus terus di bangun dengan mahsiswa, alumni dan orang tuanya. “Para mahasiswa yang kuliah di UIN SGD  datang ke fakultas, ketika, stunya beres, maka, alangkah baiknya yang melepas  mereka(para alumni-red) adalah pihak fakultas sendiri, “ ujar Dekan,  usai Melepas Alumni FISIP, Sabtu (16/3).

Dikatakan Dekan, dengan di gagasnya tradisi Pelepasan alumni diharapkan terus terbangun silatruhmi antara mahasiswadan orang tuanya, membangun silaturahmi dengan bukan saja ketika sedang kuliah tapi sesudah berspun tetap punya ikatan emasional dengan almamternya.
“Selama masuk luliah pihak fakultas belum pernah bersilaturahmi dengan orang tua mahasiswa, maka , momen wisuda harus ada tradisi pelepasan para alumni, “ ucapnya.

Dekanpun, meminta para lulusan FISIP ketika terjun ke masyarakat untuk mengamalkan limu yang sudah ditimbanya, sembari tetap menjaga integritas moralitas dan intelektualitasnya.

Meski sudah beres studi, bukan berarti harus puas dengan yang sudah diraih sekarang, tapi, secara tahapan akademis masih ada yang harus dilewati, “  ya, kami ucapkan selamat kepada mahasiswa yang sudah melewati tahapan akademis, tapi, ingat! anda masih punya hutang yang harus di bayar yaitu secara akademis harus harus membereskan S2 dan S3, “ kata Dekan dalam  sambutanya di depan orangtua sarjana FISIP.[Harry, Ibn Ghifarie]