UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

WAKIL REKTOR I UIN BANDUNG LEPAS 5.203 PESERTA KKN SISDAMAS 2019

Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Asep Muhyidin, M.Ag, didampingi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (LP2M), Dr. Munir, MA, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Dr. H. Ramdani Wahyu Sururie, M.Ag, melepas 5203 peserta Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pengabdian kepada Masyarakat  (KKN Sisdamas) UIN SGD Bandung tahun 2019 di depan pintu gerbang Kampus II, Jl. Soekarno-Hatta Samping Mapolda Jabar, Cimencrang, Kota Bandung, Selasa (30/07/2019).

Dalam arahannya, Wakil Rektor I menuturkan, KKN Sisdamas UIN SGD Bandung merupakan proses pembelajaran yang memadukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di daerah tertentu oleh mahasiswa untuk ikut serta memberdayakan masyarakat.

Menurutnya, KKN Sisdamas tahun 2019, diikuti 5.203 Mahasiswa berasal dari 48 Program Studi (Prodi S1), bertempat di 127 Desa, dan 25 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Tasik, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi. “Para mahasiswa juga KKN di Malaysia dan Thailand dari tanggal 29 Juli-31 Agustus 2019,” ungkap Wakil Rektor I.


KKN Sisdamas bertujuan pembelajaran bagi para mahasiwa dalam memberdayakan masyarakat dan pengabdian (layanan) sesuai keahlian mahasiswa pada masing-masing Prodi di masyarakat.

KKN Sisdamas dengan bentuk pengabdian kepada masyarakat itu harus meliputi: Pertama, Pembelajaran masyarakat. Kegiatan yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat, termasuk dialog, lokakarya, dan pelatihan. Kedua, Pendampingan masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara intensif dan partisipatif agar tercapai kemandirian dari komunitas atau kelompok mitra. Ketiga, Advokasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa menumbuhkan kepekaan sosial, politik, dan budaya, serta kapasitas/kemampuan untuk memperjuangkan dan memperoleh hak-hak sebagai warganegara.


“Untuk hari ini yang telah diberangkatkan mahasiswa KKN Sisdamas tujuan Kabupaten Bandung, Cianjur,  Bekasi, Kota Banjar, dan Pangandaran dengan jumlah mahasiswa 1.780 orang. Sedangkan untuk besok tujuan Sumedang berjumlah 3.423 orang. Mohon doa dari seluruh civitas akademika. Semoga selamat di perjalanan dan kembali dangan selamat,” tandasnya.

Wakil Rektor I berpesan kepada seluruh peserta KKN Sisdamas untuk meluruskan niat dan menjaga nama almamater dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.  
“Pertama, Luruskan niat untuk menjalankan ibadah, karena keberadaan KKN bukan kerja sendiri, tapi kolektif. Jadi segala program kerja yang akan dilakukan di tengah-tengah masyarakat harus melibatkan aparat pemerintah dan warga. Kedua, Jaga almamater karena nama baik kampus berada di pundak mahasiswa,” pungkasnya.[rls/IS]

Sumber, Intro News 30 Juli 2019