UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Wadeka III FSH, Mendata Kosan Mahasiswa

[www.uinsgd.ac.id] Wakil Dekan (wadek) 3 Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung, Dudang Gojali, M.Ag, akan mendata semua kosan/kontrakan/asrama tempat tinggal mahasiswa FSH  yang tersebar di masyarakat. Ini dilakukan untuk memastikan bagaimana cara mereka berpengetahuan dan pergaulannya di luar kampus?

 “Tugas kita kan membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang pembinaan kemahasiswaan, organisasi mahasiswa, pembinaan minat bakat mahasiswa dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa dan alumni,” ujar Wadek III.  Karenanya, selain pembinaan kelembagaan mahasiswa, menetapkan kebijaksanaan teknis di bidang pembinaan serta kesejahteraan mahasiswa, juga harus memastikan keberadaam mereka di  luar kampus.

“Yang paling penting, kita bisa memastikan bagaimana cara mereka berpengetahuan di luar kampus? Kita akan tahu seperti apa literatur yang mereka punya di kosan masing-masing, bagaimana cara mereka belajar di kosan? Sehingga keaktifan dan kesungguhan mereka akan menunjang pengembangan keilmuan –syariah, hukum dan ekonomi syariah—hingga tercipta sumber daya manusia dan lulusan yang unggul dan kompetitif, profesional dan berdaya saing,” jelas Dudang.

Ditanya, siapa saja yang  akan diterjunkan untuk mendata sebaran kosan mahasiswa di masyarakat? Dudang menjawab, “Kami akan memberdayakan para ketua jurusan, untuk mengerahkan para dosen yang tersebar di lingkungan kampus. Dari para dosen itu, kita akan tahu apa saja kegiatan para mahasiswa sepulang kuliah, termasuk bagaimana pergaulan mereka dengan teman kuliah dan masyarakat setempat.[Nank]