UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Visitasi Akreditasi Prodi Sosiologi

[www.uinsgd.ac.id] Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN SGD Bandung menerima kunjungan visitasi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Assesor Dr. Partini, S.U., dosen senior  di Jurusan Sosiologi UGM dan Dr. Azwar, dosen di Jurusan Sosiologi Universitas Andalas (UNAND) mulai dari hari Minggu-Selasa (14-16/7).

Kedatangan kedua Assesor BAN PT disambut oleh Dekan FISIP, Dr. Sahya Anggara, Drs., M.Si., Wakil Dekan I, Ahmad Ali Nurdin, MA., Ph.D., Wakil Dekan II, Dr. H. Encup Supriatna, Drs., M.Si., Wakil Dekan III, Drs. Hamzah Turmudzi, M.Si., Katua Jurusan Sosiologi, Dr. Muhamad Zuldin, Drs., M. Si., Sekretaris Jurusan, Mohammad Taufiq Rahman, Ph.D. dan seluruh Dosen Jurusan Sosilologi serta mahasiswa sosiologi di di Aula FISIP, Senin (15/7)

Dalam proses dialog antara Tim Assesor dengan pihak Fakultas, Partini mengingatkan kepada seluruh Prodi yang akan melakukan Akreditasi.

“Akreditasi Prodi menjadi penting karena Jurusan yang tidak terakreditasi oleh BANPT tidak bisa mengeluarkan ijasah. Untuk itu, sistem penilaian dari eksternal kampus seperti akreditasi oleh BANPT menjadi sangat penting selain penilaian dari internal melalui penilaian Penjaminan Mutu di internal PT masing-masing,” paparnya.

Dosen UGM ini menyarankan, “bagi jurusan atau prodi yang akan atau sudah habis masa berlaku akreditasi-nya, segeralah dilakukan akreditasi ulang supaya lulusannya tidak diragukan oleh orang lain atau instansi terkait,” jelasnya.

Pada prinsipnya “Apa yang kita kerjakan itu tulislah dan apa yang ditulis itu kerjakanlah, sehingga apa yang menjadi standar pada setiap proses akreditasi itu ada atau bisa dibuktikan,” sarannya.

Ketua Jurusan Sosiologi berharap dengan adanya visitasi akreditasi Prodi Sosilogi  bisa memeprtahankan nilai akreditasi sebelumnya yaitu B, “Syukur-syukur bisa meningkat dan mendapatkan nilai A,” pungkasnya. [Ibn Ghifarie]